oleh

Man United vs Man City: Derby Rasa Cadangan

LINGGAU POS.CO.ID- Derby Manchester tidak hanya menarik di pentas Premier League, namun juga di kompetisi lain. Meski Manchester United tak laga menjadi pesaing utama Manchester City di Liga Premier, namun di Piala Liga Carabou Cup, derby kali ini tentu akan lain cerita. Keduanya akan saling beradu dalam semifinal leg pertama di Old Trafford, dini hari nanti. (Live Mola TV Pukul 03.00 WIB).

Di laga ini, Man City tentu tak akan mengulangi kesalahan yang sama saat dilumat Setan Merah 2-1 pada Derby Manchester jilid pertama musim ini. Skuat Josep Guardiola bakal menjadi tim yang tampil atraktif. Sedangkan The Red Devils selain diuntungkan sebagai tuan rumah, armada Ole Gunnar Solskjaer masih punya peluang besar memainkan pola dan filosofi pragmatis seperti yang mereka lakukan saat melawan rivalnya tersebut.

Setan Merah tentu akan mati-matian usai melakoni musim ini dengan berdarah-darah. Sukses menembus final, plus melawan rival sekota tentu menjadi hal yang istimewa bagi mereka.Kendati demikian, United wajib waspada saat ini. Statistik belum memihak mereka. Marcus Rashford pun belum juga move on dari derby Manchester.

Sejak 2010, United belum pernah mengecap dua kemenangan beruntun Derbi Manchester. ari lima laga terakhir keduanya, United hanya mengemas dua kali menang dan tiga kali kalah. Sudah jatuh tertimpa tangga pula, lini belakang Man United dipastikan rentan.

Pasalnya, bek tengah Harry Maguire diragukan bisa tampil dalam laga ini. Bek termahal musim ini terkena cedera usai laga imbang melawan Wolverhampton di Piala FA, kemarin. Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Tactician United Ole Gunnar Solskjaer kembali dipusingkan karena dua centre back lainnya, Eric Bailly dan Marcos Rojo masih absen. (selengkapnya lihat infografis-red)

Dilansir dari Dailymail, Solskjaer meragukan Maguire kembali bisa fit dalam derby di Old Trafford nanti. ”Saat dia (Maguire) masih cedera (dalam laga melawan Wolves), saya sudah minta ia keluar, tapi nyatanya tetap bermain. Kami tidak yakin apakah ia bisa lanjut, semoga baik-baik saja,” ujarnya.

“Apakah ia akan diturunkan saya kira, itu masih terlalu dini (dengan Maguire) untuk dijawab. Kami memberi mereka waktu agar tetap pulih, itu jawaban yang paling benar dan jujur ??yang bisa saya berikan,” sambungnya.

Di tengah kondisi terjepit itu, Ole juga belum mau memberikan sejumlah nama yang akan turun dalam derby nanti. ”Beberapa dari mereka (yang akan turun) masih belum siap. Jika saja derby-nya dihelat hari ini (kemarin), saya tidak yakin mereka bisa melakukan yang terbaik. Kami belum mau memberikannya (nama pemain), kami akan menyimpannya sampai besok,” ujar pelatih berkebangsaan Norwegia itu.

Derby Manchester menjadi pertandingan keenam untuk United selama 16 hari ke belakang. Kendati demikian, Solskjaer masih percaya para pemainnya tidak akan mengalami masalah untuk menghadapi tantangan The Citizen.

Serangan balik Man United dipastikan tak akan berjalan sempurna. Pasalnya penghubung utama lini belakang dan lini depan, Paul Pogba dan Scott McTominay, tak bisa bermain pada laga ini. Otomatis, MU kembali memainkan duet pelapis seperti Nemanja Matic dan Fred. Dalam tiga laga terakhir, pelatih Ole Gunnar Solskjaer masih menggunakan banyak pemain cadangan.

”Rotasi tentu sangat kami perlukan. Harus ada penyegaran. Anda lihat sendiri, sejumlah pemain sudah terlalu lelah dengan sederet laga yang padat. Tentunya kami menginginkan orang-orang yang fit,” kata Solskjaer.

Di sisi lain, pelatih The Citizen Pep Guardiola tak mau begitu saja melepaskan status juara bertahan Piala Carabao sejak mempertahankannya dua tahun terakhir. Namun, ia pun harus sadar baik dirinya dan Ole Gunnar Solskjaer terbilang memiliki hasil kemenangan derby yang sama saat menukangi tim Manchester. Sekali menang dan sekali kalah.

Dilansir dari The Telegraph, Pep cukup gembira bahwa musim ini mereka bisa melakoni tiga derby sekaligus. Menurutnya, United akan tampil dengan skuat penuh dan mentalitas Old Trafford yang tak mau kalah di kandang sekalipun. ”Para pemain United bak hidup untuk terus berlari (mengejar impian)” ujarnya, kemarin.

Pelatih berpaspor Spanyol itu mengakui, dirinya tengah dirundung rasa penasaran sebelum laga nanti. Ia menantikan para rivalnya berlaga dengan penuh determinasi. ”Fokus mereka adalah membuat kami tercengang-cengan. Ole tentu akan banyak melakukan perubahan hanya untuk melawan kami nanti,” paparnya.

“Jika mereka sudah siap berlari, tentunya kami harus mengurangi kesalahan dalam persiapan, anak-anak pun sudah bersiap untuk itu,” tandas mantan pelatih Bayern Munchen tersebut.(*) 

 

 

 

 

 

 

 

Rekomendasi Berita