oleh

MAN 2 Paling Banyak Publikasikan Berita

Tingkat Provinsi Sumsel

LINGGAU POS ONLINE – MAN 2 Lubuklinggau meraih posisi pertama publikasi berita terbanyak periode Mei – Juni 2019. MAN 2 memublikasikan 113 berita pada rentang waktu 43 hari. Hal itu berdasarkan hasil rekapitulasi Publikasi Berita Satker Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se-Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Mendapatkan informasi ini, Kepala MAN 2 Lubuklinggau, Saipul Basin sangat senang dan bangga dengan pencapaian tim jurnalisnya. Karena ini membuktikan semakin hari semakin aktif dan majunya tim Jurnalis MAN 2 dalam memublikasikan berita seputar sekolah.

“Di samping tugas utama mereka adalah belajar, mereka juga semangat dalam mengasah bakat dan potensi diri mereka. Terima kasih juga kepada pembina jurnalis yang tak kenal lelah membimbing anak-anak hingga seperti ini,” ungkapnya.

Saipul juga mengatakan bahwa pihak sekolah dan dirinya akan terus mendukung berkegiatan siswa siswi yang dalam hal positif, tidak hanya di bidang jurnalis saja tetapi juga bidang kegiatan ekstrakulikuler lainnya. Dan tentunya kita juga akan mendukung pemberian pelatihan-pelatihan jurnalistik untuk tim Jurnalistik MAN 2 agar semakin hari semakin berkembang dan sukses.

JURNALIS : Tim Jurnalis MAN 2 Lubuklinggau foto bersama Waka Kesiswaan MAN 2 Joharuddin, Pembina Muryani dan Pengelola Opran.

Sementara itu, Pembina Jurnalis Simandali (Sekitar Informasi MAN 2 Lubuklinggau), Muryani menjelaskan jika semua berita yang berhasil dipublikasi tidak semua ditulis siswa, sebab tidak semua kegiatan madrasah ada diketahui siswa karena hal mereka memiliki tugas utama yakni belajar. Hanya saja di sela kegiatan utama mereka tersebut, anak-anak tetap semangat membuat berita.

“Untuk itulah kami selaku pembina dan pengelola bekerja secara bersama, dan berupaya sesuai dengan program Kanwil, minimal kami harus memublikasikan minimal 3 berita setiap harinya,” katanya.

Selain itu, lanjut Muryani, pihak sekolah juga sangat mendukung dengan memberikan reward kepada pengelola, pembina maupun anggota siswa siswi jurnalis yang terbaik dalam membuat berita. Biasanya reward berupa tambahan paket internet dari pihak madrasah.

“Dan satu hal lagi, dalam membuat berita siswa tidak diwajibkan, yang mau saja kita perkenankan, tapi Alhamdulillah mereka sangat semangat sekali, dan kita pun terus memotivasi mereka bahwa menulis itu penting asal mau mencoba dan berusaha,”tuturnya.

Perlu diketahui bahwa, tahun ini, Tim Jurnalis MAN 2 Lubuklinggau berhasil menjadi Juara Tim Jurnalis Terbaik Madrasah se-Kota Lubuklinggau dan sempat mewakili Kota Lubuklinggau di Provinsi Sumatera Selatan. (rrf)

Rekomendasi Berita