oleh

MAN 1 Gelar Pramansa Expo IV

LUBUKLINGGAU – Tahun ini, MAN 1 Model Lubuklinggau menggelar Pramansa Expo IV. Ajang bergengsi pramuka dua tahunan itu akan diadakan 10 Februari 2019.

Berbeda dari dua tahun sebelumnya, Pramansa Expo kali akan menjadi yang terbesar dilaksanakan, karena diikuti pelajar-pelajar pramuka se-Sumsel dan sekitarnya. Hal ini disampaikan langsung Kepala MAN 1 Model Lubuklinggau, Taslim melalui Pembina Pramansa, Kemas Romli kepada wartawati koran ini, Kamis (16/1).

“Iya Pramansa Expo IV ini kita mengundang seluruh gugus depan sekolah dan madrasah di Kota Lubuklinggau, dan beberapa sekolah di Kabupaten Musi Rawas, Muratara, Curup, Rejang Lebong, Palembang, Lahat, Muara Enim, Empat Lawang dan beberapa daerah lainnya. Meliputi jenjang siaga, penggalang dan penegak,” ungkapnya.

Dijelaskan Kemas Romli, Pramansa Expo ini dilaksanakan dua tahun sekali, yang mana pelaksanaannya dimulai pada tahun 2013, 2015, 2017 dan tahun 2019 ini.

Kemas Romli juga mengatakan Pramansa Expo yang bertemakan ‘Every Scout Have Story’ dilaksanakan dengan tujuan untuk memperlombakan kepramukaan tingkat siaga, penggalang dan penegak.

“Hingga saat ini baru 80 persen undangan yang telah kita sebar, dan Alhamdulillah sudah ada 15 gugus yang telah mengonfirmasi ikut dalam event ini. Pelaksanaan Pramansa Expo akan dilaksanakan 10 Februari 2019 di MAN 1 Model Lubuklinggau,” jelasnya.

Dan dikatakan Romli, karena kegiatan ini juga diikuti pelajar dari beberapa daerah se-Sumsel, Alhamdulillah kegiatan Pramansa Expo sudah mendapatkan rekomendasi resmi dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel melalui surat rekomendasi nomor 010-05-B tentang Kegiatan Pramuka Madrasah Aliya Negeri 1 (Pramansa) Expo IV yang ditandatangani langsung oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel kak. H. Mukti Sulaiman, SH, M.Hum. Pada Januari 2019.

“Selain itu kita juga mendapatkan rekomendasi dari Kwarcab dan Kemenag Kota Lubuklinggau. Jadi saya berharap kegiatan ini nantinya dapat terlaksana dengan lancar. Dan berharap semua sekolah dan madrasah yang di undang bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Karena Pramansa Expo tahun ini akan lebih berkualitas dari event sebelumnya dan akan tetap memperebutkan juara umum,” jelasnya.

Pramansa Expo yang diselenggarakan 2 tahun sekali ini terdiri dari beberapa cabang lomba dari berbagai golongan mulai dari golongan Siaga (SD/MI), Penggalang (SMP/MTs), dan Penegak (SMA/MA) yang berada di Sumsel dan sekitarnya.

Berikut ini beberapa cabang lomba mulai dari golongan Siaga, Penggalang, dan Penegak, Cabang Lomba Siaga meliputi lomba Kreasi Pionering, UUB Pramuka, susun Ayat Pendek, Kreasi Kolonel Tongkat dan Menyusun Piramida Cup. Cabang Lomba Penggalang, meliputi kreasi kolonel tongkat, miniatur hewan, tartil estafet, susun puzzle dan olimpiade pramuka. serta cabang lomba penegak, meliputi, kreasi kolonel tongkat, miniatur burung, lukis kotak sampah, olimpiade pramuka dan permainan pramuka.

Sedangkan cabang-cabang lomba non-rotasi terdiri dari, lomba Short Movie, Sweet Moment, Gudep Tergiat, Administrasi Terbaik dan pembina Terbaik.

Kemas Romli juga mengatakan ada beberapa fasilitas yang di dapatkan oleh peserta Pramansa Expo IV, yakni piagam penghargaan, plakat, tropi, pin kegiatan dan uang pembinaan.

Pendaftaran Pramansa Expo dibuka sejak 7 Januari 2019 – 9 Februari 2019. Masing-masing pangkalan boleh mengirim lebih dari satu tim. Biaya pendaftaran Rp200.000 per tim.

Ia berharap penyelenggara Pramansa Expo IV yang akan dilaksanakan 10 Februari 2019 mendatang dapat berjalan sukses dan meriah seperti yang telah direncanakan.

Dan yang belum registrasi untuk kegiatan ini silakan untuk dapat menghubungi pihak panitia atau datang langsung ke Pangkalan Pramuka MAN 1 Lubuklinggau. Dan para peserta diharapkan agar selalu mengikuti informasinya di akun sosial Pramansa, meliputi Instagram: @pramuka_man1llg, Facebook: Pramuka mansatu lubuklinggau, Web: www.pramansalinggau.or.id, dan Info lebih lanjut bisa menghubungi Aldi Fadlan (081379346307) atau Saniyatun Badriah (082361854256 ). (rrf)

Rekomendasi Berita