oleh

Malaysia Masters 2019 : Lawan Berat Gregoria di Babak Pertama

KUALA LUMPUR – Langkah tunggal putri andalan Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung di Malaysia Masters 2019 nampaknya tidak akan mudah untuk dilalui. Pasalnya, pebulutangkis kelahiran Wonogiri, 11 Agustus 1999 itu bakal bertemu lawan berat sejak babak pertama.

Ya, Gregoria bakal menghadapi wakilh Thailand yang menjadi unggulan keenam, Ratchanok Intanon di babak pertama yang akan berlangsung di Stadium Axiata, Kuala Lumpur Sport City, Malaysia, Rabu (16/1) hari ini.

Melihat catatan pertemuan keduanya, Greogria belum satu kalipun berhasil mengalahkan Ratchanok. Keduanya sudah dua kali bertemu dalam ajang Indonesia Terbuka 2018 dan Jepang Terbuka 2018.

Dalam ajang Indonesia Terbuka 2018 yang berlangsung pada bulan Mei, lalu, Gregoria dikalahkan oleh Ratchanok dengan mudah lewat straight game dengan skor 15-21 dan 13-21.

Sedangkan di Jepang Terbuka 2018 yang berlangsung pada September lalu, Gregoria sedikit memberikan perlawanan. Ya, dalam laga itu Gregoria berhasil memaksa Ratchanok untuk bermain rubber game meski akhirnya kalah dengan skor 11-21, 21-17 dan 14-21.

Meski demikian, Gregoria yang sudah menghuni pelatnas Cipayung sejak 2013 bersama Hana Ramadhini dan Fitriani itu mengaku optimistis dalam pertandingan babak pertama nanti menghadapi Ratchanok.

Hal itu diungkap peraih juara tunggal putri Kejuaraan Dunia Junior BWF 2017 di Jogjyakarta itu mengingat turnamen Malaysia Masters 2019 menjadi ajang pembuka rangkaian pertandingan di tahun 2019 bagi dirinya.

Selain itu, pebulutangkis dari klub Mutiara Cardinal, Bandung dan merupakan peraih medali perunggu SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia itu mengaku sudah melakukan evaluasi seta persiapan menjelang berlangsungnya Malaysia Masters 2019.

“Saya ingin menunjukkan permainan terbaik saya di pertandingan pertama 2019 ini,” ungkap peraih medali perak di Kejuaraan Asia Junior 2016 di Bangkok, Thailand itu seperti dikutip situs resmi Persatua Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Selasa (15/1) kemarin.

“Intinya, usaha dulu di lapangan, walaupun head to headnya saya masih kalah dari dia. Namun, pastinya saya punya target tersendiri buat mengalahkan dia,” sambung Gregoria yang kini menududuki peringkat 14 dunia tersebut.

Selain Gregoria, Merah Putih juga menurunkan Fitriani. Namun, di babak pertama, Fitriani berhadapan dengan rekan senegaranya, Yulia Yosephin Susanto.

Melihat dari rekor pertemuan, Fitriani yang kini menduduki peringkat 31 dunia pernah dikalahkan oleh Yulia di ajang Indonesia Masters 2018 September, lalu. Dalam pertarungangan itu, Fitriani kalah dengan skor 14-21, 21-9 dan 20-22 dari Yulia yang kini menempati peringkat 58 dunia.

Sementara itu, tunggal putri Indonesia lainnya, Ruselli Hartawan berhasil meraih kemenangan di babak kualifikasi Malaysia Masters 2019. Dalam pertarungan yang berlangsung, Selasa (15/1) kemarin, Ruselli berhasil menumbangkan wakil India, Rituparna Das dengan skor 21-13 dan 26-24.

Pertarungan yang berlangsung selama 29 menit itu cukup menarik disaksikan. Pasalnya, di awal-awal pertandingan Ruselli sempat tertinggal dari lawannya, hingga akhirnya berhasil membalikkan kedudukan dan menang dengan skor 21-13.

Memasuki game kedua, Ruselli lebih menguasi jalannya pertandingan. Namun sayang setelah jede interval kedua, Ruselli sempat tertinggal 17-20. Beruntung pada akhirnya Ruselli bisa merebut kemenangan di game kedua tersebut dengan skor 26-24.

“Sebenarnya game pertama saya kurang enak di lapangan. Game kedua seharusnya lebih enak mainnya karena kalah angin. Tapi pukulan saya malah banyak yang nggak pas. Lawannya lumayan bagus, ada ngatur bolanya. Tapi karena saya sudah menonton video dia, jadi sudah lebih tahu,” kata Ruselli usai laga.

Selanjutnya di babak pertama Ruselli akan berhadapan dengan Yip Pu Yin (Hongkong). Meski baru pertama kali jumpa Yip, Ruselli mengaku siap all out di lapangan. “Buat besok ngasih yang terbaik aja. Sama lihat video pertandingan lawan. Pengennya bisa ngalahin pemain-pemain yang di atas saya,” lanjut Ruselli.

Selain Ruselli, Yulia Yosephine Susanto juga sukses lolos ke babak utama. Yulia menang 21-17 dan 21-13 dari Disha Gupta (Amerika Serikat). (gie/fin/wsa)

Rekomendasi Berita