oleh

Malam Ini, Bawaslu Turunkan APK dan APS

““APK dan APS yang kena penertiban karena dipasang pada tempat terlarang, seperti pohon ditanam pemerintah, tiang listrik atau telepon, rambu jalan, fasilitas umum, jalur hijau, halte, sarana umum milik pemerintah dan stasiun dan atau sepanjang jalur kereta api,”kata ketua Bawaslu Kota Lubuklinggau, Mursyidi.

LUBUKLINGGAU – Besok (Selasa, 18/12) pukul 19.00 WIB, Bawaslu Kota Lubuklinggau akan menertibkan seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) atau Alat Peraga Sosialisasi (APS) dari peserta pemilu yang dipasang tidak sesuai tempatnya.

Bahkan, Bawaslu Kota Lubuklinggau telah mengeluarkan surat instruksi ke Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Lubuklinggau dengan No : 066/BAWASLU-PROV.SS.14/XII/2018 tentang Pengawasan Penertiban APK dan APS.

Ketua Bawaslu Kota Lubuklinggau, Mursyidi mengatakan dikeluarkannya instruksi tersebut berdasarkan hasil Rapat Koordinasi (Rakor) pihaknya bersama KPU Kota Lubuklinggau, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) dan TNI/Polri, Senin (3/12) lalu.

Menurutnya, penertiban dilakukan berdasarkan mengacu pada Undang-Undang (UU) No.7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dan dijelaskan lagi dalam Peraturan KPU No.23, 28 dan 33 tentang Kampanye.

“APK dan APS yang kena penertiban karena dipasang pada tempat terlarang, seperti pohon ditanam pemerintah, tiang listrik atau telepon, rambu jalan, fasilitas umum, jalur hijau, halte, sarana umum milik pemerintah dan stasiun dan atau sepanjang jalur kereta api,” katanya.

Bahkan, sebelum akan melakukan penertiban, Bawaslu Kota Lubuklinggau telah mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh peserta Pemilu 2019, agar melepas APK atau APS yang dipasang tidak sesuai tempatnya.

“Sebelumnya, kita sudah mengeluarkan surat himbauan agar APK atau APS tersebut dilepas, bila ada yang dipasang pada tempat terlarang,” jelasnya.

Maka, dalam penertiban ini Bawaslu Kota Lubuklinggau menginstruksikan seluruh Panwascam, melakukan pengawasan dan langsung membantu proses penertiban. Hasil dari penertiban dilaporkan dalam Form A yang sudah disiapkan disertai foto, selain itu dijelaskan alasan dari penertiban dan lokasi yang ditertibkan baik APK maupun APS.

Sementara itu Sekretaris DPC PPP Kota Lubuklinggau, Syamsurijal mengatakan pihaknya mendukung penertiban yang dilakukan Bawaslu. Namun, dalam proses penertiban, hendaknya berlaku adil dengan tidak membedakan APK atau APS yang akan ditertibkan.

“PPP patuh aturan, kalau melanggar silakan ditindak sesuai prosedur. Tapi, proses penindakannya jangan tebang pilih,” katanya.

Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi SDM dan Parmas, Debi Arianto mengatakan pihaknya telah mengimbau peserta Pemilu untuk memasang APK yang sudah dibagikan KPU, sesuai tempat yang sudah ditentukan, agar tidak diturunkan Bawaslu.

“Pasanglah APK sesuai tempatnya, agar pesannya tersampaikan dan tidak diturunkan KPU,” katanya.

Sementara itu Bawaslu Kabupaten Musi Rawas (Mura), telah start melakukan penertiban APK peserta pemilu yang melanggar, Senin (26/11). Bahkan, Bawaslu Mura bersama Panwascam Tugumulyo didampingi personel Sat Pol PP langsung turun menertibkan seluruh APK yang melanggar, terutama di jalur hijau, yakni sepanjang Jalan Tugumulyo-Sumber Harta. Selain itu, seluruh APK yang dipasang peserta pemilu di tiang listrik, pepohonan dan tempat ibadah tidak luput dari penertiban. (aku)

Rekomendasi Berita