oleh

Maksimalkan Tiga Dokter

Alami Peningkatan Kunjungan Pasien

LINGGAU POS ONLINE, SIDOREJO – Setiap bulannya, kunjungan pasien di Puskesmas Sidorejo terus mengalami peningkatan. Untuk itu, Pimpinan Puskesmas Sidorejo, Ratna Dewi menegaskan, pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik dan maksimal kepada masyarakat.

Puskesmas Sidorejo yang beralamat di Jalan Depati Said Kelurahan Ulak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat II salah satu Puskesmas yang menerapkan sistem BLUD. Puskesmas ini beroperasi 24 jam, dengan menyediakan layanan Unit Gawat Darurat (UGD).

Sejak pukul 10.00 WIB tenaga medis di sana sudah disibukkan dengan kedatangan beberapa pasien. Hal ini menunjukkan bahwa rasa percaya dan keyakinan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Sidorejo cukup baik. Hal ini juga diakui Pimpinan Puskesmas Sidorejo, Ratna Dewi.

“Ya, memang kita mengalami peningkatan pasien yang sangat signifikan dari tahun sebelumnya dengan tahun ini,” katanya.

Setiap bulannya jumlah pasien meningkat. Tahun 2016 untuk Januari 717 pasien, Februari 724 pasien, Maret 650 pasien, April 769 pasien, Mei 665 pasien, Juni 656 pasien, Juli 510 pasien, Agustus 612 pasien, September 574 pasien, Oktober 603 pasien, November 650 pasien dan Desember 564 pasien.

Sementara tahun 2017, untuk Januari 1.183 pasien, Februari 1.976 pasien, Maret 2.696 pasien, April 2.339 pasien, Mei 2.330 pasien, Juni 1.456 pasien, Juli 2.106 pasien, Agustus 1.827 pasien, September 1.751 pasien dan Oktober 1.977.

Wanita ramah dan energik ini memiliki cita- cita yang luar biasa, untuk meningkatkan pelayanan Puskesmas Sidorejo menjadi lebih baik.

“Kami berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik, apalagi statusnya menjadi PPK BLUD. Dan kemungkinan bisa ditingkatkan menjadi Rumah Sakit (RS),” harapnya.

SDM yang ada di Puskesmas Sidorejo saat ini ada tiga orang dokter, semuanya berstatus ASN. Diantaranya, satu dokter gigi dan dua dokter umum.

“Jumlah pegawai saat ini ada 63 orang, ASN 50 orang dan tenaga honorer 13 orang. Untuk memberikan layanan maksimal, kita juga membutuhkan sarana lebih lengkap,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Sidorejo, Sulaswati (29) mengaku, dengan adanya peningkatan sarana dan prasarana membuat masyarakat semakin yakin untuk berobat di Puskesmas Sidorejo.

“Kalo nak ke rumah sakit kan agak jauh dem tu la rame nian pasiennyo. Karena kami kadang nak cepat dem tu namonyo wong sakit ni kan sifatnyo mendesak, jadi pas, Puskes ini ado rawat inapnyo kami meraso terbantu,” ungkapnya. (CW02)

Komentar

Rekomendasi Berita