oleh

Makanan Korea Mirip Indonesia

DEMAM Korea menjadi tren belakangan ini, bukan hanya karena dunia hiburan orang Korea.

Ternyata tren makanan yang mereka makan pun ikut menjadi booming karena banyaknya restoran yang membuka usaha makanan Korea di Indonesia.

Meskipun berada di daerah Asia, namun ternyata banyak makanan Korea yang gak cocok sama lidah orang Indonesia.

Bisa karena itu terlalu ekstrem seperti makan bayi gurita yang masih hidup di Pulau Jeju atau memakan serangga yang banyak dijual di Myeongdong Street.

Kimbab

Tapi, kalau kalian masih penasaran dan pengen banget nyobain makanan khas negeri gingseng ini kalian bisa banget cobain 12 makanan Korea yang memiliki kemiripan dengan makanan dari Indonesia. Karena mirip jadi kita nggak perlu khawatir deh tentang rasanya, karena dijamin kita sudah terbiasa nemuin makanan kayak gini.

Pertama, dakkochi alias sate Korea.

Sate ini terdiri dari ayam yang dipotong dadu dan diselang-seling dengan sayuran saat ditusuk, biasanya disajikan dengan tambahan taburan wijen di atasnya. Bagian dada ayam biasa digunakan untuk membuat dakkochi karena memiliki tekstur yang padat sehingga tidak mudah hancur saat dibakar. Memiliki rasa pedas manis membuat sate ini cocok di lidah orang Indonesia.

Kedua, japchae atau bihun Korea.

Dakkochi

Japchae ini mirip bihun yang biasa kita konsumsi di nasi uduk lho. Bedanya bahan bakunya bukan terbuat dari bihun, namun soun yang lebih tipis dan licin dari bihun. Rasanya manis berkat kecap dan juga bumbu dapur lain yang biasa ditemui di Indonesia juga seperti lada dan wijen.

Ketiga, Odeng atau sate olahan ikan Korea.

Makanan ringan yang satu ini sering kita temui di sepanjang jalan pasar modern ataupun tradisional di Korea. Rasanya mirip dengan otak-otak ikan di Indonesia tapi yang membedakannya adalah teksturnya yang lebih elastis dan kenyal.

Lalu, Teokbokki atau Seblak Korea.

Kalo Bandung punya seblak pedas yang terbuat dari kerupuk, Korea juga punya camilan yang nggak kalah pedas dan enak nih namanya, Teokbokki. Terbuat dari tepung beras, teobokki bisa jadi camilan yang enak sekaligus mengenyangkan. Cita rasanya yang pedas juga jadi tantangan tersendiri bagi penikmat makanan Korea yang punya selera makanan yang kadang bikin perut mules ini.

Terakhir, Kimbab alias Lontong Korea.

Kimbab sekilas memang menyerupai sushi dari Jepang, tapi ternyata berbeda loh. Kalo di Jepang rumput laut kering biasa disebut nori, beda sama Korea yang menyebutnya dengan Bap. Dari kata Bap dan Kim yang berarti nasi putihlah nama Kimbab berasal.(*)

Rekomendasi Berita