oleh

20 Jam Tentukan Ketua PWI Sumsel

Linggau Pos Online, 

PALEMBANG – Firdaus Komar (Firkom) akhirnya terpilih sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2019-2024. Hal ini berdasarkan hasil Konferensi Daerah (Konferda) PWI Sumsel dilaksanakan di Asrama Haji Palembang, Sabtu (26/1) hingga Minggu (27/1) pagi. Firdaus berhasil menjadi Ketua PWI Sumsel, melalui dua putaran proses pemilihan. Awalnya ia harus bertarung dengan tiga calon lainnya, yakni Aan Sartana, Hadi Prayogo dan Jon Heri.

Hanya saja pada putaran kedua, Firdaus bertarung head to head dengan Jon Heri, sebagai peraih suara terbanyak pertama dan kedua. Proses pemilihan Ketua PWI Sumsel kemarin berjalan cukup alot memakan waktu lebih kurang 20 jam. Dibuka pukul 09.00 WIB, Sabtu (26/1), konferensi baru selesai dilaksanakan Minggu (27/1) pagi sekitar pukul 05.00 WIB.

Awalnya pembahasan tata tertib pemilihan yang memakan waktu. Kendati dibahas sejak usai Ishoma siang, pembahasan tata tertib serta penetapan pimpinan sidang baru tuntas menjelang magrib. Apalagi proses pemilihan pimpinan sidang harus melalui voting. Terpilih sebagai pimpinan sidang Marshal mewakili senior, Nurul Falah mewakili PWI Daerah, dan Mala dari keterwakilan perempuan.

Sekitar pukul 19.30 WIB proses pemilihan Ketua PWI dan Ketua Dewan Kehormatan PWI (DKP) Sumsel baru dilaksanakan. Karena belum adanya kesepakatan, mengenai sistem pemilihan. Bahkan untuk menyepakati sistem pemilihan ini, Ketua PWI Pusat Atal S Depati harus mengeluarkan fatwa sesuai permintaan pimpinan sidang. Setelah cukup lama debat antara beberapa anggota, akhirnya disepakati bakal calon dipilih dari nama-nama dicalonkan anggota melalui voting.

Bakal calon baik PWI maupun DKP, langsung dinyatakan menang jika dalam voting memperoleh suara 50 persen plus 1 dari anggota yang hadir. Sebaliknya jika tidak tercapai, maka dua suara terbanyak masuk ke putaran kedua.

Pemilihan pun dilaksanakan, berjalan lamban karena ada 400 suara anggota yang bisa memberikan hak pilih.  Sampai dengan pukul 00.30 WIB barulah selesai dilakukan penghitungan suara untuk calon Ketua PWI Sumsel. Raihannya Firdaus Komar 155 suara, Jon Heri 121 suara, Hadi Prayogo 106 suara dan Aan Sartana 62 suara.

Dengan raihan suara ini, otomatis Firdaus Komar dan Jon Heri masuk sebagai calon Ketua PWI, yang selanjutnya bertarung secara head to head. Sementara penghitungan suara Ketua DKP Sumsel selesai dilaksanakan satu jam kemudian. Perolehan suaranya Solihin (CEO Linggau Pos Group) 114 suara dan Kurnati Abdullah 113 suara. Juga ada beberapa nama lainnya, yang perolehan suaranya tidak terlalu signifikan. Sehingga Solihin dan Kurnati Abdullah masuk ke putaran kedua.

Karena selisih suara Solihin dengan Kurnati Abdullah hanya satu suara, sempat ada permintaan dari pimpinan sidang agar keduanya berembuk saja. Hanya saja akhirnya anggota meminta tetap mengikuti proses sesuai dengan tata terbit yang sudah disepakati. Apalagi ada beberapa pendukung militan Solihin, merasa tidak dihargai jika pemilihan DKP tidak dilaksanakan dua putaran.

Pemilihan tahap kedua kembali dilaksanakan. Kembali berjalan lambat seperti biasanya. Hanya saja waktu yang diperlukan tidak lama karena beberapa pendukung calon tidak lagi hadir di ruangan konferensi.

Putaran kedua akhirnya dimenangkan telak oleh Firdaus Komar meraih 199 suara. Sementara lawannya Jon Heri hanya meraih 109 suara. Sedangkan calon Ketua DKP Sumsel, Kurnati Abdullah meraih 142 suara dan Solihin 119 suara.

Tepat azan subuh, pimpinan sidang menyatakan pelaksanaan pemilihan Ketua PWI Sumsel dan DKP Sumsel telah berhasil menetapkan calon ketua terpilih. Selanjutnya ditetapkan formatur untuk penyusun kepengurusan PWI Sumsel periode 2019-2024. Formatur terdiri dari calon Ketua PWI Sumsel terpilih, calon Ketua DKP Sumsel terpilih, Perwakilan PWI Pusat, Dwi Tri Kartini dari keterwakilan Perempuan dan Indra Gultom.

Calon Ketua PWI Sumsel terpilih Firdaus Komar mengucapkan terima kasih semua pihak atas dukungan dan doanya. Ia berharap semoga dengan terpilihnya dia menjadi Ketua PWI Sumsel periode 2019-2024 membawa berkah dan dalam lindungan Allah SWT. Kemudian PWI Sumsel diharapkan bisa menjadi organisasi yang maju dan lebih baik, sehingga mampu mengayomi wartawan. (end)

 

Rekomendasi Berita