oleh

Mahasiswa Unsri Kunjungi Lima Desa 3T

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – 11 Mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) tandang ke lima desa 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) penempatan Pengajar Muda Indonesia Mengajar. Desa-desa itu, yakni Kembang Tanjung Kecamatan BTS Ulu, Desa Sri Pengantin Kecamatan STL Ulu Terawas, Desa Panglero, Desa Mukti Karya dan Desa Harapan Makmur di Kecamatan Muara Lakitan.

Para mahasiswa yang berkunjung ke Musi Rawas (Mura) itu ternyata tergabung sebagai relawan Unsri Mengajar. Mereka terdiri dari Evan, Merin, Roy, Billah, Bila, Doni, Epan, Ayu, Anjani, Vicca, dan Uun.

Dalam kunjungan itu, Pengajar Muda Mura membawa mereka masuk desa 10-11 Agustus 2018.

Salah satunya di Desa Kembang Tanjung. Mahasiswa yang ikut datang ke desa ini Evan dan Merin. Kedatangan mereka disambut nyanyian dan energizer. Mereka langsung bisa menyatu dengan anak-anak dan melanjutkan berbagai aktivitas di hari pertama seperti mandi di Sungai Musi dan menonton layar tancap bersama.

hari kedua, Evan dan Merin yang difasilitasi oleh Muhammad Ikbal, mengajar muda yang tugas di SDN Kembang Tanjung. Mereka menyajikan materi dengan cara yang fun bahkan melakukan pembelajaran di luar sekolah berupa outbond.

Materi yang dibawakan lebih ditekankan kepada pendidikan karakter seperti disiplin, bertanggung jawab, saling menghormati dan menyayangi serta religius.

Dalam outbond di Desa Kembang Tanjung juga disisipkan aktivitas menulis sifat buruk di atas kertas kemudian dibuang ke Sungai Musi agar sifat buruk itu pergi dari setiap individu anak.

Selain itu anak-anak juga menulis harapan dan cita-cita yang kemudian dibentuk menjadi kapal lalu dilayarkan di Sungai Musi.(02)

Rekomendasi Berita