oleh

Mahasiswa Unsri Jadi Relawan

Cegah Anak Desa Sri Pengantin Putus Sekolah

42 Mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) yang berasal dari berbagai jurusan jadi relawan di Dusun 3 Desa Sri Pengantin, Kecamatan STL Ulu Terawas. Apa saja misi yang mereka jalankan pada Program Unsri Mengajar Batch II itu?

Laporan Sulis, STL Ulu Terawas

KEDATANGAN para mahasiswa Unsri ini disambut hangat oleh masyarakat Desa Sri Pengantin. Bahkan, selama proses jadi relawan itu mereka memiliki keluarga angkat.

Selain berkegiatan sosial, relawan juga belajar kebudayaan warga setempat. Acara yang dimulai sejak Oktober 2018 ini juga mendapat dukungan dari pemuda Dusun Sri Pengantin,

Setiap pagi, para mahasiswa Unsri ini mengajar kreatif di setiap kelas. Masing-masing kelas saat itu, diisi lima orang relawan pengajar yang memberikan berbagai macam pengetahuan, mulai dari mata pelajaran IPA, IPS, Matematika dan masih banyak lagi.

Pengajar Muda dari Program Indonesia Mengajar yang mendedikasikan diri di Dusun Sri Pengantin, Dedeh mengatakan saat mengajar anak di SDN Sri Pengantin itu, mahasiswa-mahasiswi Unsri ini berbagi pengalaman. Tentang pentingnya pendidikan di masa depan.

“Sebagian besar dari mereka menyatakan, pendidikan pada dasarnya bukan soal menuntut ilmu saja. Namun juga untuk mematangkan psikologi, memperbanyak teman, belajar bersosialisasi, belajar berinteraksi dengan orang luar dan menambah pengalaman. Dari situ, maka akan terbuka pemikiran kita untuk maju,” jelasnya.

Tak hanya di sekolah. Bahkan relawan dari Unsri ini juga mengikuti seluruh kegiatan keluarga angkatnya. Seperti memetik kopi, mencari sayur di kebun, dan menombak ikan.

“Kami sebagai pengajar muda di Dusun Sri Pengantin sangat bersyukur kedatangan teman-teman dari Unsri. Harapan kami, tahun 2019 ini ada program ini lagi. Saya melihat para orang tua angkat mahasiswa Unsri di Dusun Sri Pengantin akan terus mendapat semangat agar mereka mendukung putra-putrinya untuk bersekolah. Menurut saya, ini hal penting yang harus terus dipupuk,” imbuhnya. (*)

Rekomendasi Berita