oleh

Lukman Hakim: Pejabat Dilarang Gunakan Fasilitas Negara

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim mengatakan dalam Peraturan KPU No. 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati/Walikota-Wakil Walikota, Bab VII Pasal 63, sudah dijelaskan mengenai aturan yang melarang Pasangan Calon (Paslon) yang menduduki posisi pejabat negara untuk menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye.

Menurut Lukman, di situ sudah dijelaskan bagi Paslon yang berkedudukan sebagi pejabat negara dilarang, menggunakan fasilitas negara yang terkait dengan jabatannya, untuk kepentingan pemenangan dalam pemilihan dan. Termasuk menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang terkait dengan jabatannya, yang menguntungkan atau merugikan Paslon lain.

Bahkan, di sini sudah dijelaskan fasilitas negara yang tidak boleh digunakan untuk berkampanye atau pendaftaran ke KPU itu, seperti kendaraan dinas mulai kendaraan dinas pejabat hingga kendaraan dinas lainnya, serta alat transportasi dinas lainnya.

“Jadi, pejabat negara tidak boleh menggunakan fasilitas yang diberikan negara untuk kepentingan pribadi,” jelasnya.

Jadi, saat pendaftaran para bakal Paslon ke KPU, dirinya mengimbau kepada seluruh bakal Paslon untuk tidak membawa maupun menggunakan fasilitas negara, mulai mobil, motor maupun fasilitas lainnya yang diberikan negara terkait jabatan yang melekat pada diri bakal Paslon.

Bahkan, masih dikatakan Lukman Hakim, Menpan RB telah mengeluarkan surat edaran No. B/71/M.SN.00.00 2017 perihal pelaksanaan netralitas bagi ASN saat pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

Untuk diketahui, Pilkada Lubuklinggau akan diikuti oleh tiga bakal Paslon, yakni H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar, saat ini menjabat sebagai Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau, kemudian H Rustam Effendi-Riezky Aprilian, H Rustam Efendi menjabat sebagai kepala dinas di salah satu instansi pemerintah yang ada di Kabupaten Muratara. Selanjutnya H Toyeb Rakembang-Sofian, H Toyeb Rakembang tengah menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita