oleh

Lubuklinggau Tambah Dua Pasar

LINGGAU POS ONLINE, TABA PINGIN – Kementerian Perdagangan dan Perindustrian RI mengucurkan bantuan Rp 4,24 miliar, untuk revitalisasi lima pasar tradisional, dan dua pasar baru di Kota Lubuklinggau. Progres pengerjaan ini sudah 80 persen, dua pasar baru yang dibangun dan direhab yaitu Pasar Lubuk Tanjung, dan Pasar Rahma.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kota Lubuklinggau, H M Hidayat Zaini mengatakan revitalisasi ini sesuai dengan program Presiden RI membangun dan merevitalisasi 1.000 pasar per tahun. Lima pasar yang akan direvitalisasi yaitu, Pasar Bukit Sulap, Pasar Satelit, Pasar Moneng Sepati, Pasar Simpang Periuk, dan Pasar Inpres.

Menurut Hidayat Zaini, sebenarnya jumlah pasar tradisional di Kota Lubuklinggau sudah cukup. Namun, dari anggaran yang dikucurkan pihak Kementerian Perdagangan dan Perindustrian RI meminta Lubuklinggau menambah dua pasar lagi.

“Penilaian mereka agar memberikan kemudahan kepada masyarakat, dan pedagang. Sehingga tidak terjadi penumpukan pedagang di pasar-pasar tertentu saja,” jelas mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Lubuklinggau ini.

Ditambahkan Hidayat Zaini, untuk pasar di Kelurahan Lubuk Tanjung memanfaatkan pasar sebelumnya dan kedepan akan diberdayakan kembali. Sedangkan Pasar Rahma membangun ulang pasar, di lahan milik Pemerintah Kota Lubuklinggau.

Hidayat Zaini berharap, jika pasar tradisional sudah direvitalisasi, pedagang yang kebagian lapak atau kios benar-benar memanfaatkan lapak yang sudah dibagikan.

“Kalau sudah dibagikan dimanfaatkan jangan tidak ditunggu, mulai saat ini jika selama enam bulan tidak dimanfaatkan maka akan diambil alih oleh pemerintah,” tegas Hidayat Zaini.(nia)

Rekomendasi Berita