oleh

Lubuklinggau Miliki iLubuklinggau

Bisa Diunduh di Playstore

DINAS Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau kembali melakukan inovasi. Hal ini sesuai dengan petunjuk dari Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, yang terus meminta semua pihak termasuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau untuk melakukan inovasi.

Kini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau bekerja sama dengan PT Woolu Aksara Maya, untuk membuat aplikasi perpustakaan digital atau iLibrary, dengan nama iLubuklinggau. Hanya dengan melakukan pengadaan 477 judul buku berbentuk digital, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau mendapat hibah aplikasi iLubuklinggau untuk android, IOS atau Hybrid versi 1.00 serta dashboard admin dan analitycs versi 1.00.

Tidak hanya itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau juga mendapatkan dengan cuma-cuma pemeliharaan aplikasi dan infrastruktur untuk aplikasi data PT Woolu Aksara Maya.

Hal ini diungkapkan oleh Business And Development PT Woolu Aksara Maya, Ferdi saat menjelaskan mengenai aplikasi iLubuklinggau, kepada asisten III Setda Kota Lubuklinggau Kahlan Bahar, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau Hj Saleha dan seluruh pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau, Kamis (7/12).

“Kita sudah banyak menjalin kerjasama, bahkan lebih dari 20 Pemprov di Indonesia. Namun untuk Kabupaten Kota, Lubuklinggau menjadi kota pertama yang memiliki iLibrary. ILibrary sendiri lebih memudahkan masyarakat untuk mendapatkan buku bacaan, mendukung program peningkatan minat baca karena dibuat sama seperti media sosial,” jelas Ferdi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau Hj Saleha menjelaskan, inovasi bekerja sama membuat iLibrary ini atas saran dari Perpustakaan Nasional setelah mereka, mendapat akreditasi A dari Komisi Akreditasi Perpustakaan.

“Kita menyambut baik saran tersebut. Apalagi setelah kita tindak lanjuti, kita banyak mendapat hibah dari PT Aoolu Aksara Maya. Tidak hanya server hingga pemeliharaan, kita juga mendapatkan secara gratis untuk buku pelajaran tingkat SD dan SMP dari mereka. Sayang, kalau program ini tidak kita ambil. Dengan melakukan kerja sama ini, masyarakat kita juga lebih gampang meminjam buku karena hanya dengan melalui aplikasi,” jelasnya.

Untuk tahap pertama ia menjelaskan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau baru melakukan pengadaan 477 judul buku dengan anggaran Rp 120 juta, Kedepan ia berharap, bisa menambah koleksi judul buku digital untuk iLubuklinggau.

Sementara itu asisten III Setda Kota Lubuklinggau Kahlan Bahar, menyambut baik inovasi yang dilakukan pihak asisten III Setda Kota Lubuklinggau Kahlan Bahar. Bahkan ia sepakat, di awal Januari 2018 mendatang dilakukan launching iLubuklinggau.

“Untuk sementara, kita minta ASN dan pelajar tingkat SD maupun SMP untuk mulai menggunakan aplikasi ini. Sementara untuk pelajar tingkat SMA akan kita koordinasikan dengan pihak Disdikbud Pemprov Sumsel. Kedepan, supaya aplikasi ini bisa dimanfaatkan masyarakat, akan kita launching. Karena program ini sangat bagus, untuk meningkatkan minat baca,” ungkapnya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita