oleh

Lubuklinggau Menuju Kota Tanpa Kumuh

SEBELAS daerah kumuh yang ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Walikota Lubuklinggau No.62 Tahun 2016 tentang Daerah Kumuh, ada pada empat kecamatan dan 11 kelurahan.

Yakni Kelurahan Ulak Surung Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Lubuklinggau Ulu, Pasar Pemiri, dan Lubuklinggau Ilir di Kecamatan Lubuklinggau Barat II. Kelurahan Jawa Kanan SS, Kelurahan Dempo, dan Kelurahan Karya Bakti di Kecamatan Lubuklinggau Timur II. Selanjutnya di Kecamatan Lubuklinggau Barat I di Kelurahan Bandung Kiri, Kelurahan Mesat Seni, Kelurahan Muara Enim di Kecamatan Lubuklinggau Timur II.

Bertahap 11 kelurahan tersebut dibuat menjadi tidak kumuh melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Sebelumnya banyak pertimbangan menetapkan 11 kelurahan tersebut sebagai daerah kumuh, seperti kondisi bangunan gedung, jalan, ketersediaan air bersih, kondisi drainase lingkungan. Termasuk pengelolaan air limbah, pengelolaan sampah, dan proteksi kebakaran.

Emra Endi Kusuma mengaku program Kotaku berjalan maksimal, semua pekerjaan selesai 100 persen. Pengerjaan yang dilakukan seperti peningkatan jalan lingkungan, pembuatan drainase, dan program lainnya. (nia)

Rekomendasi Berita