oleh

Lubuklinggau Menuju Kota Sehat

LINGGAU POS ONLINE – Beberapa bulan lalu Kota Lubuklinggau dinobatkan sebagai Kota Layak Anak (KLA), dengan perjuangan beberapa tahun agar terwujud. Kini Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau juga tengah berjuang untuk mewujudkan Lubuklinggau sebagai Kota Sehat.

Pemkot Lubuklinggau sudah membentuk tim verifikasi, tim ini terdiri dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) dan beberapa OPD lainnya.

Plt Kepala Dinkes Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani didampingi Kasi Kesehatan Lingkungan, Firgus kepada Linggau Pos, Rabu (14/8) mengatakan sudah beberapa lokus yang dipantau oleh tim.

Seperti, pasar tradisional, terminal, bantaran sungai, sekolah Adiwiyata, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Puskesmas ramah anak, Taman Olahraga, dan tempat rekreasi lainnya.

“Hari pertama dilakukan peninjauan Sekretariat Kota Sehat, Forum Kota Sehat, baik tingkat kelurahan maupun tingkat kecamatan. Selain itu juga ke posyandu, poskeslur, dan pemberdayaan masyarakat tingkat kelurahan,” jelas Firgus.

Ditambahkan Firgus, Kota Lubuklinggau saat ini mengikuti penilaian tatanan Swasti Saba Padapa atau Kota Sehat Pemantapan yaitu klarifikasi paling awal untuk penghargaan kota sehat.

“Ada dua tatanan, yaitu tatanan terkait pemukiman, sarana dan prasarana sehat, indikatornya seperti udara bersih, sungai bersih, penyediaan air bersih individu dan umum, pembuangan air limbah dan domestik (rumah tangga). Selanjutnya perumahan dan pemukiman, pertamanan dan hutan kota,” jelas Firgus.

Menurut Firgus, tatanan terkait kemandirian kehidupan masyarakat yang mandiri dengan indikator penilaian, dengan 13 indikator.

“Ini bukan tapi penilaian, dan semua OPD terlibat,” tambahnya.(nia)

Rekomendasi Berita