oleh

Lubuklinggau Butuh 8.000 PJU Baru

LUBUKLINGGAU – Berdasarkan pendataan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Lubuklinggau, saat ini Kota Lubuklinggau membutuhkan lebih kurang 8.000 titik pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU). 7.000 titik PJU yang dipasang saat ini dinilai masih kurang.

Kepala Disperkim Kota Lubuklinggau, H Emra Endi Kusuma didampingi Kabid Sarana Prasarana dan Utilitas (PSU), Misno mengatakan satu Rukun Tetangga (RT) di Kota Lubuklinggau membutuhkan 30 titik PJU. Sedangkan RT di Kota Lubuklinggau lebih kurang ada 521 RT, artinya Kota Lubuklinggau perlu di pasangan 15.630 titik PJU.

“Yang terpasang saat ini baru 7.000 titik, kita butuh 8.000 lebih PJU baru. Tapi, kemampuan kita (Pemkot Lubuklinggau,red) hanya mampu pasang 400 PJU baru,” kata Misno kepada Linggau Pos, Sabtu (22/12).

Ditambahkan Misno, pemasangan PJU yang baru dilakukan sekala prioritas, yaitu di Jalan Lingkar Selatan dari Watas Lubuk Durian hingga Kelurahan Temam. 2019 mendatang Disperkim Kota Lubuklinggau akan mengganti 70 titik PJU Tenaga Surya dengan PJU LED, mengingat perawatan PJUTS lebih mahal dibandingkan PJU LED.

“Pemasangan PJU kita gunakan LED, tidak Tenaga Surya, karena selisih harganya juga lumayan jauh. Untuk PJU tenaga surya Rp25 juta, sedangkan PJU LED Rp10 juta,” ungkap Misno.

Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani untuk memenuhi kekurangan PJU Pemkot Lubuklinggau dilakukan secara bertahap. Mengingat anggaran yang ada saat ini belum memungkinkan, namun ia meminta Disperkim Kota Lubuklinggau melakukan jemput bola program kementerian.

“Seperti 2018 kita mendapatkan bantuan pemasangan 30 titik PSU, 2019 diupayakan mendapatkan lagi bantuan. Kalau mengandalkan APBD tidak mungkin bisa,” ungkap Raman Snai.(nia)

Rekomendasi Berita