oleh

Lubuklinggau Barat Rawan Kecurangan Pemilu

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar
“Mapping zona merah dan zona hijau di daerah rawan kecurangan akan segera di-upgrading. Karena berdasarkan 5 tahun yang lalu wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat termasuk area zona merah, rawan tindak kecurangan Pemilu…”

LINGGAU POS ONLINE, DEMPO – Lapangan upacara Mapolres Lubuklinggau, mendadak ramai lantaran digelarnya Apel Pasukan Ops Mantap Praja Musi 2018, Jumat (5/1) pagi. Tepatnya di Kelurahan Dempo, Kecamatan Lubuklinggau Timur II.

Apel dihadiri delapan camat, 72 lurah, Pol PP, Damkar, Kajari, Kepala Pengadilan Negeri, BNN, KPU, Panwaslu, Perwakilan Kodim 0406, unsur muspida serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Apel kemarin, untuk menyatukan komitmen bersama, mensinergikan stakeholder terkait untuk menyukseskan Pilkada 2018. Karena Kota Lubuklinggau tahun 2018 ini akan melalui dua Pemilu, yaitu Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel), dan Pemilihan Walikota (Pilwako) Kota Lubuklinggau.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar mengatakan bahwa persiapan hari ini berguna untuk memantau apa saja yang akan dipersiapkan, baik personel maupun Sarana dan Prasarana (Sarpras).

“Jadi hari ini kita satukan tekad dan komitmen kita, untuk menggapai cita-cita kita, yaitu suksesnya Pemilukada di Kota Lubuklinggau. Yang terpenting menjadi penyelenggara Pemilu terbaik se-Indonesia, makanya perlu kita rincikan bersama apa yang akan kita perlukan untuk mengawal tugas besar ini bersama,” kata Sunandar, kemarin.

AKBP Sunandar menjelaskan, selain persiapan personel dan Sarpras, mapping zona merah dan zona hijau di daerah rawan kecurangan akan segera di-upgrading. Karena berdasarkan 5 tahun yang lalu wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat termasuk area zona merah, rawan tindak kecurangan Pemilu.

“Maka dari itu, saya telah memerintahkan anggota untuk upgrade informasi terbaru, mengenai zona rawan, karena kemungkinan akan ada pergeseran area zona merah dari 5 tahun yang lalu akan dilakukan mapping ulang,” jelas kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, selain itu di wilayah hukum Polres Lubuklinggau ini mengingatkan warga Kota Lubuklinggau untuk  menggunakan hak pilihnya secara cerdas. Karena itu akan menentukan nasib kota ‘Sebiduk Semare’ ini lima tahun kedepan.

“Sudah tidak ada saatnya momen-momen  money politic dan sebagainya. Jadi maaf jangan menggadaikan sebuah hak pilih suara hanya untuk sebuah lembaran rupiah. Ingat lima tahun kedepan ditentukan dengan apa yang kamu pilih,” ucapnya.

Kapolres mengimbau untuk seluruh komponen masyarakat agar kiranya dapat berperan aktif dalam mengawasi, dan mengawal pesta demokrasi ini.

Karena ini adalah sebuah pesta demokrasi mari kita sambut dengan suka ria, dan keadaan kondusif, bukan dengan hal-hal yang berbau polarisasi (tarik menarik) ke arah yang negatif, sehingga menimbulkan perpecahan dan suasana tidak kondusif di masyarakat.

“Ini kan sebuah pesta demokrasi, layaknya sebuah pesta maka kita patut bersuka ria menyambutnya, bukan malah saling bermusuhan. Apalagi sampai terjadi hal-hal di luar harapan baik kita bersama,” tutupnya.(16)

Komentar

Rekomendasi Berita