oleh

Lubuklinggau Barat I Butuh 371 Anggota KPPS

LINGGAU POS ONLINE, KAYUARA – Minat masyarakat di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat I, untuk menjadi Anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) boleh dikatakan kurang. Terbukti, sejak dibukanya pendaftaran calon anggota KPPS, Senin (7/5) hingga Rabu (25/5), baru 42 orang yang mendaftarkan diri ke PPK. Artinya Lubuklinggau Barat I masih membutuhkan 371 calon anggota KPPS lagi.

Ini terungkap saat wartawan koran ini mewawancarai salah seorang anggota PPK Lubuklinggau Barat I, Hendri di Sekretariat PPK Lubuklinggau Barat I, Rabu (23/5).

Dari 11 kelurahan di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat I, baru dua kelurahan kuota pendaftar calon anggota KPPS terpenuhi, yakni Kelurahan Lubuk Durian dan Tanjung Indah, yakni 42 orang. Sementara, Kelurahan Kayu Ara, Lubuk Tanjung, Tanjung Aman, Lubuk Aman, Pelita Jaya, Bandung Ujung, Bandung Kiri, Sukajadi dan Muara Enim, belum ada seorang pun berkasnya diterima pihak PPK Lubuklinggau Barat I.

Dijelaskan Hendri, PPK Lubuklinggau Barat I sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 47/PPK LB.I/2018 tentang Pembentukan KPPS pada 7 Mei 2018 lalu. Dan dikeluarkannya SE tersebut berdasarkan SE KPU Nomor 146/KPU.Kota-006.435523/V/2018 tentang Pembentukan KPPS di masing-masing wilayah. Pembentukan itu sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Menurut Hendri, sebenarnya Kelurahan Bandung Ujung, sudah menyerahkan nama-nama calon anggota KPPS. Namun berkasnya belum bisa diterima karena belum dilengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan, seperti, fotokopi ijazah terakhir, pasfoto, fotokopi KTP sesuai dengan domisili TPS dan keterangan sehat dari Puskesmas.

“Jadi kita minta kepada PPS Bandung Ujung supaya menghimbau para calon KPPS yang sudah mendaftar untuk melengkapi syarat yang dibutuhkan,” kata Hendri, Rabu (23/5).

Jumlah anggota KPPS yang dibutuhkan adalah sebanyak 413 orang, untuk ditugaskan 59 TPS di 11 kelurahan. Masing-masing TPS akan ditugaskan 7 orang. Sementara, untuk Kelurahan Lubuk Durian ada 2 TPS dan Tanjung Indah 6 TPS. Artinya baru ada 42 anggota KPPS, maka PPK Lubuklinggau Barat I membutuhkan 371 anggota KPPS lagi. Sementara masa perekrutan anggota KPPS ini akan berakhir Minggu, 27 Mei 2018.

Meskipun demikian, ia optimis kuota anggota KPPS bakal terpenuhi, sesuai dengan yang sudah dijadwalkan. (01)

Rekomendasi Berita