oleh

LPPDK Paslon Walikota Diaudit

“Kantor Akuntan Publik sedang memeriksa Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye Paslon Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau,” kata komisioner Divisi Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim.

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Tiga Pasangan Calon (Paslon) Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau telah menyerahkan Laporan Dana Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK), Minggu, (24/6). Ketiga Paslon Wakikota-Wakil Walikota Lubuklinggau, nomor urut 1 H Toyeb Rakembang-Sofian, nomor urut 2, H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar dan nomor urut 3, H Rustam Effendi-Riezky Aprilia.

Selanjutnya, Senin (25/6) hingga Selasa (10/7) dilakukan audit LPPDK yang sudah diserahkan dari masing-masing Paslon Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau.

Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim didampingi Kasubag Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Misran Ayudi menjelaskan, LPPDK yang diserahkan masing-masing Paslon sedang diperiksa Kantor Akuntan Publik (KAP). Setelah dilakukan pemeriksaan akan dipublikasikan ke awak media nominal LPPDK yang sudah diserahkan masing-masing Paslon.

Menurut Lukman, nominal LPPDK yang diserahkan Paslon bisa mengalami perubahan. Sebab, ada beberapa item uang yang tidak boleh diterima Paslon, seperti menerima sumbangan dari dana asing, warga asing, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) asing dan pemerintah asing. Dana kampanye tidak boleh dari APBN, APBD, BUMN dan BUMD. Kalau dari hasil audit KAP ditemukan sumbangan yang dilarang, dananya akan diserahkan pada kas negara.

“Tim KAP sedang bekerja, ketika mereka selesai hasilnya akan langsung kita publikasikan, yakni Selasa (10/7) 2018,” jelasnya.

Paslon Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau sudah menyerahkan Laporan Dana Kampanye (LDK), yakni Paslon nomor urut 1, H Toyeb Rakembang-Sofyan tercatat sebesar Rp 20.042.500. Kemudian, Paslon nomor urut 2 H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar sebesar Rp 109.995.349. Paslon nomor urut 3, H Rustam Effendi dan Riezky Aprilia memiliki Dana Awal Kampanye sebesar Rp 75.494.500.

Selanjutnya sumbangan dana kampanye yang diterima Paslon nomor urut 2, H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar tertinggi, dengan nominal sebesar Rp 834.000.000.

Diikuti, Paslon nomor urut 1, H Toyeb Rakembang-Sofian sebesar Rp 173.000.000. Sedangkan Paslon nomor urut 3, H Rustam Effendi-Riezky Aprilia, tidak menerima sepeserpun sumbangan dari pihak manapun, sehingga laporannya zero sumbangan. (01)

Rekomendasi Berita