oleh

Longsor Jalan lintas Marga Bakti- Marga Rejo Membesar

LINGGAU POS ONLINE– Longsor di Jalan Nang Ali Solihin, RT 06 Kelurahan Marga Bakti Kecamatan Lubuklinggau Utara 1 semakin membesar. Bahkan kini, hampir mengenai aspal badan jalan. Padahal, jalan ini merupakan akses jalan penghubung antara Kelurahan Marga bakti menuju Kelurahan Marga Rejo

Lurah Marga Bakti, D.Armen R mengatakan longsor terjadi pada November 2018 lalu, akibat turun hujan terus- menerus. Longsor tanah jurang tersebut terus bertambah sehingga merusak bronjong penahan tebing. Akibatnya kondisi semakin mengkhawatirkan, lantaran tebing tanah longsor tersebut tingginya sekitar 30 meter dari kedalam jurang. “Bahkan kini, hampir satu meter lagi akan mengenai badan jalan,” jelas Armen.

Sementara Ketua LPM Kelurahan Marga Bakti, Efendi membenarkan adanya tanah Longsor tersebut, akibat erosi sungai Megang dibawah jurang yang meluap sehingga menghabiskan tanah tebingan. “Posisinya berada tepat dibawah jalan lintas Kelurahan Marga Bakti menuju Kelurahan Margarejo. Kita khawatir, apabila tidak segera diadakan perbaikan akan mengenai badan jalan yang mengakibatkan transportasi masyarakat Kelurahan Marga Bakti akan terhenti. Apalagj banyak anak-anak yang sekolah di SMP 15 yang melintasi jalan tersebut,” jelasnya.

Ia mengungkapka kejadian longsor tersebut sudah dilaporkan ke pihak pemerintah, bahkan perbaikanya audah diusulkan saat Musrenbang mapun langsung ke DPUTR. Sayangnya sampai saat ini belum terealisasi. “Kita berharap pemerintah terkait cepat merealisasikan perbaikan akibat longsor tersebut, takutnya apabila hujan longsor akan mengenai badan jalan karena tidak ada lagi penahan tanah tebingan yang curam setinggi 30 meter dari permukaan air tersebut. Bronjong pelapis tebing tersebut sudah ikut longsor terjun kesungai,” harapnya. (adi)

Rekomendasi Berita