oleh

Lomba Membaca Petakan Daya Serap Pelajar

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Siswa-siswi SMA Negeri 9 Lubuklinggau antusias mengikuti Baca Linggau Pos Bersama, Jumat (24/11). Kegiatan ini diyakini bisa menumbuhkan karakter anak yang gemar membaca.

Hal itu disampaikan Kepala SMA Negeri 9 Lubuklinggau, Hj Nurlaila saat dibincangi Linggau Pos, usai kegiatan membaca, kemarin.

“Kegiatan ini sangat positif, karena bisa memotivasi anak supaya mendapatkan informasi dari berbagai media termasuk dari koran,” jelasnya.

Menurutnya, dari banyaknya koran yang beredar di Lubuklinggau, Harian Pagi Linggau Pos beritanya sangat update, sehingga bagi anak yang membacanya dapat membuka wawasan dan dapat memotivasi anak dalam gemar membaca.

Manfaat lain dari mengikuti lomba ini, lanjut Nurlaila, karena memberikan kesempatan kepada pelajar untuk berkompetisi dengan sekolah yang lain. Karena, nantinya 10 pemenang yang terpilih, akan dikirimkan untuk mengikuti lomba Ayo Membaca tingkat Lubuklinggau bersama Walikota.

“Dengan mengikuti lomba ini, maka kita bisa melihat bagaimana daya serap anak dalam berkompetisi, karena nanti dari kegiatan ini bisa membandingkan antara pelajar SMA Negeri 9 Lubuklinggau dengan SMA Negeri lain yang ada di sini,”ungkapnya.

Sehingga, Nurlaila berharap apa yang menjadi tujuan sekolah dalam mencerdaskan pelajar dapat tercapai.

“Untuk 10 anak yang sudah menang ini, nantinya akan kita latih terus supaya lebih rajin membaca, karena nanti ketika sudah berkompetisi dapat memberikan prestasi yang terbaik untuk SMA Negeri 9 Lubuklinggau,” tuturnya.

Kedepan, Nurlaila juga akan membuat terobosan yaitu menyiapkan waktu lima menit bagi siswa untuk membaca, dengan membawa buku dari rumah ataupun buku yang disiapkan di sekolah.

“Saya sudah membuat agenda setelah tahun ajaran baru, dari hasil kunjungan kerja saya di Yogyakarta, bahwa di sana anak-anaknya sangat gemar membaca dengan program lima menit setiap hari. Nah, nanti program ini insya Allah akan kita selenggarakan di SMA Negeri 9 Lubuklinggau,”ucapnya.

Ini dilakukan oleh Nurlaila, bahwa minat membaca anak sekarang masih sangat kurang sekali. Sehingga kalau tidak dipaksa untuk dibiasakan, maka kebiasaan ini akan terus menerus dilakukan oleh anak. Ada 241 orang siswa yang mengikuti kegiatan ini.

“Motto kita tiada hari tanpa membaca harus tercapai, makanya kita buat program ini, mohon doanya semoga program ini dapat tercapai,”ujarnya.

Sementara itu, Direktur PT Wahana Semesta Linggau, Solihin mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Aksara Internasional.

“Kita ingin anak-anak SMA Negeri 9 Lubuklinggau gemar membaca, nanti bagi 10 pemenang yang terpilih, akan dikirimkan untuk mengikuti lomba Ayo Membaca ditingkat Lubuklinggau,”jelas Solihin.

Untuk itu, Solihin berharap kepada pelajar SMA Negeri 9 Lubuklinggau, agar lebih banyak memanfaatkan waktunya untuk membaca. Karena, membaca merupakan jendela dunia, untuk membuka wawasan para pelajar. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita