oleh

Logistik Pemilu Segera Didistribusikan

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – H-2 atau 25 Juni 2018 logistik yang akan digunakan untuk Pilkada serentak 2018 didistribusikan KPU Kota Lubuklinggau ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Karena tidak ada daerah terisolir di Kota Lubuklinggau.

Logistik yang akan digunakan untuk pemungutan dan penghitungan suara pada 27 Juni mendatang, yakni surat suara, bilik suara, alat pencoblosan, formulir, papan plano, CI plano, tinta, segel, bilik suara dan kotak suara.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri didampingi Sekretaris KPU Kota Lubuklinggau, Trisko Depriansah meyakini pada hari pendistribusian logistik tersebut akan tiba di kantor PPK. Kemudian, untuk teknis pendistribusian dari PPK ke PPS dan ke TPS diserahkan ke PPK.

Namun, sebelum dilakukannya pemungutan suara seluruh logistik Pemilu tersebut harus sudah berada di TPS, yakni pukul 08.00 WIB, Rabu 27 Juni 2018.

Maka, H-1 atau 26 Juni 2018 anggota KPPS sudah diinstruksikan untuk mendirikan tenda di TPS, lokasi yang sudah ditentukan untuk proses pemungutan dan penghitungan suara.

Menurut Trisko Depriansah, pedoman pendistribusian mengacu pada Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Program dan Tahapan Pelaksanaan Pilkada.

Dalam peraturan tersebut sudah dijelaskan interval waktu pengadaan dan pendistribusian logistik, yakni 11 April 2018 sampai 26 Juni 2018.

“Mengenai teknis pengamanan akan dikoordinasikan dengan aparat kepolisian,” kata Trisko lagi.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas, Ach Zaein mengatakan kalau pihaknya melakukan pendistribusian logistik Pilkada serentak 2018 pada 24 Juni 2018.

Luasnya wilayah jadi pertimbangan waktu pendistribusian logistik, karena Kabupaten Musi Rawas terdiri dari 14 Kecamatan, dengan jarak tempuh mulai 1 sampai 4 jam, dari Sekretariat KPU Kabupaten Musi Rawas ke Sekretariat PPK.

Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Agus Maryanto juga mengatakan hal yang sama, kalau pihaknya akan mulai pendistribusian logistik pada 24 Juni 2018. Luas dan medan wilayah jadi pertimbangan waktu pelaksanaan pendistribusian logistik. (01)

Rekomendasi Berita