oleh

LIVE Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas dan Muratara Bisa Dilihat di Link Ini

LINGGAUPOS.CO.ID – Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Musi Rawas, M Aidil Rusman mengikuri Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantapan Pelaksanaan Pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020.

Rakor ini dilaksanakan secara virtual, Bersama Kementrian Dalama Negri (Kemendagri) Kamis (25/02/2021) di Replika Rumah Adat Kantor Bupati Musi Rawas.

Turut hadir, Wakapolres Musi Rawas, Pengadilan Negeri, Kasat Polpp dan Damkar, Kabag Hukum, Kominfo, Kesbangpol, Tapem.

Dirjen Otonomi Daerah (OTDA) Kemendagri Drs. Akmal Malik menjelaskan pelantikan dengan pendekatan luring (luar jaringan) dengan protokol kesehatan yang ketat boleh dilakukan.

Mengingat tidak semua daerah dapat melakukan secara daring, dikarenakan kondisi jaringan dan kondisi geografis yang belum memadai. Namun dirinya menegaskan, apabila pelantikan dilakukan melalui pendekatan luar jaringan (luring), maka tidak boleh lebih dari 25 orang yang berada dalam satu ruangan.

“Saat pelantikan, tidak boleh lebih dari 25 orang yang berada dalam satu ruangan. Hal ini dilakukan, agar kondisi pelantikan tetap terjaga meski euforia sedang tinggi terhadap pelantikan. Karena kesehatan merupakan prioritas,” tegas Akmal.

Namun, apabila terdapat provinsi dengan pelantikan kepala daerah yang cukup banyak dan melebihi kapasitas 25 orang, Ia mengingatkan agar dapat dilakukan secara bertahap agar protokol kesehatan tetap terjaga.

Rencana pelantikan kepala daerah terpilih yang dilaksanakan di 32 Provinsi se-Indonesia, akan dilakukan kedalam tiga tahap, yaitu pada Bulan Februari, April, dan Juli 2021.

Sementara itu, sebelumnya Sekda Provinsi Sumsel, H Nasrun Umar melalui Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Otonomi Daerah (Otda) Sumsel, Sri Sulastri menyebut pihaknya telah mengantongi izin dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri RI terkait pelaksanaan pelantikan kepala daerah terpilih.

Dijelaskan Sri, ke- enam  pasang kepala daerah (bupati/Wakil Bupati) yang bakal dilantik tersebut, yakni Bupati dan Wakil Bupati  Ogan Ilir, OKU Timur, Musi Rawas, OKU Selatan, OKU, Muratara. Sedangkan untuk PALI masih dalam proses penyelesaian PHP di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kemarin ada 7 daerah yang ikut Pilkada serentak di Sumsel. Enam diantaranya akan dilantik pada 26 Febaruari 2021 di Griya Agung. Satu lagi masih proses penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) di MK,” ungkapnya.

Menurut Sri, pelantikan akan dilakukan secara langsung dipusatkan di Griya Agung, namun dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat. Selain itu, jumlah peserta yang hadir juga dibatasi.

Untuk para tamu lainnya seperti keluarga, pendukung dipersilahkan menonton pelantikan LIVE secara virtual melalui kanal Youtube Diskominfo Sumsel dan akun Instagram @diskominfo_sumsel dan @humasprovsumsel, pukul 16.00 WIB, Jumat (26/2/2021). (*)

INI LINKNYA

LINK 1

LINK 2

LINK 3

Rekomendasi Berita