oleh

Limbah dari Lapas Resahkan Warga

LINGGAU POS ONLINE, ULAK LEBAR – Masalah limbah cair dari pembuangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lubuklinggau dipersoalkan warga setempat. Pasalnya warga mengeluhkan bau busuk yang menyengat hidung, serta pengaturan pembuangan limbah yang mengganggu warga RT 05, Kelurahan Ulak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, khususnya.

Masalah ini sebenarnya sudah lama terjadi. Kini masyarakat kembali mengeluhkan limbah cair dari Lapas yang mengganggu kenyamanan dan ketenteraman mereka.

Linggau Pos pun lakukan investigasi langsung ke lokasi, Sabtu (11/11) siang. Salah seorang warga RT 05, Jamaludin (45) mengaku sangat terganggu dengan limbah kotoran yang dibuang dari Lapas. Saluran limbah itu terkesan dibiarkan, dan belum diperbaiki pihak Lapas.

“Semua aktivitas dari Lapas, baik mandi atau membuang kotoran keluar melalui jalur itu, apalagi waktu hujan baunya sampai bikin muntah. Kita minta secepatnya diperbaiki saluran pembuangan limbah itu, kasihanlah dengan kami yang tinggal di sini,” kata Jamaludin.

Ia pun membenarkan bau limbah kotoran itu sudah lama mengganggu hidup mereka.

“Limbah Lapas itu sangat mengganggu, air yang keluar dari selokan itu warnanya agak berubah, jadi kami melihatnya saja merasa terganggu apalagi mencium bau busuk yang menyengat hidung,” ungkapnya.

Dihubungi, Ketua RT 05 Ulak Lebar, Iswanto membenarkan keluhan warganya. Ia menyebutkan tempat pembuangan limbah Lapas itu sangat dekat dari rumah warga sekitar, apalagi di sana ada kolam dengan adanya genangan kotoran, diduga berasal dari saluran pembuangan dari Lapas.

“Waktu itu sudah ada Walikota datang meninjau tempat limbah pembuangan akhir itu. Semoga secepatnya pemerintah melakukan pembenahan, sebab kasihan warga yang dekat di sana buahnya sangat menyengat,” katanya.

Ia meneruskan dari pihak Lapas tidak melakukan pembenahan terhadap saluran pembuangan limbah itu. Apalagi kejadian ini sudah lama, dan sangat mengganggu.

* Pihak Lapas Akan Lakukan Peninjauan

Secara terpisah, Kepala KPLP Lapas Kelas II A Kota Lubuklinggau, Subhan Malik saat dihubungi mengaku belum tahu pasti soal itu.

“Saya juga belum mengetahui secara jelas mengenai limbah itu. Tapi akan kami lakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai informasi tersebut, kebenarannya,” kata Subhan Malik, Sabtu (11/11).

Subhan Malik menjelaskan nantinya apabila memang benar ada limbah mengganggu masyarakat RT 05, Kelurahan Ulak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, kami akan mencari jalan keluarnya.

“Pastinya akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu,” jelas Subhan Malik. (19/16)

Komentar

Rekomendasi Berita