oleh

Lima Tahun Saluran Irigasi Tidak Berfungsi

LINGGAU POS ONLINE, U1 PAGERSARI – Lima tahun saluran irigasi sekunder di Desa U1 Pagersari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Musi Rawas tidak berfungsi akibat dipenuhi sampah dan tanah.

Hal ini diketahui berdasarkan hasil tinjauan Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan di lapangan.

“Iya memang sudah cukup lama tidak berfungsi saluran irigasi ini, karena air dari Tugumulyo tidak sampai ke sini. Ketika musim hujan yang sampai ke sini hanya sampah dan tanah saja. Akibatnya sekarang kondisinya jadi begini,” kata Kepala Desa U1 Pagersari, Rusmanto kepada Linggau Pos, Jumat (12/1).

Sehingga, Rusmanto berharap dari peninjauan bupati ke lapangan seperti ini, bisa memberikan solusi. Sehingga saluran irigasi yang awalnya tidak berfungsi, menjadi berfungsi kembali.

“Kalau musim kemarau, akibatnya petani tidak bisa panen dengan maksimal, karena kekurangan sumber air. Kalau musim hujan lumayan juga, karena banyak air dari hujan yang turun,” tuturnya.

Menanggapi hasil peninjauan di lapangan, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan mengatakan kalau dirinya meminta untuk Kades U1 Pagersari pro aktif dalam mengatasi masalah yang dihadapi oleh petani.

“Karena masyarakat di sini, semuanya petani. Maka Kades harus aktif dalam membangun desa dibidang petani. Permasalahan irigasi ini, nanti akan saya rapatkan pada hari Senin,” ucapnya.

Bupati menyayangkan, hal seperti ini bisa terjadi selama lima tahun, seharusnya sejak awal permasalahan irigasi ini dapat diatasi, dengan melakukan gotong-royong.

“Inikan tidak terlalu panjang saluran irigasi yang tidak berfungsi, maka seharusnya dilakukan gotong royong bersama dalam membersihkannya. Namun, kalau sudah menumpuk seperti ini kan susah jadinya untuk dibersihkan,” tegasnya.

Selain meninjau saluran irigasi, Bupati Musi Rawas didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa H Mefta Joni, Kepala Bagian Humas M Setiawan, Kabid Komunikasi H M Fetbon, Bagian Protokol serta perangkat desa memantau hasil pembangunan Kades U1 Pagersari berupa drainase, Jaringan Irigasi Tersier Tingkat Usaha Tani (Jitut) dan yang lainnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita