oleh

Lima Raperda Usulan Eksekutif Untuk Tingkatkan PAD

LINGGAU POS ONLINE, MAJAPAHIT – Lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) usulan eksekutif, dan lima Raperda inisiatif DPRD disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) dan Ketua Badan Pembuatan Peraturan Daerah (Bapemperda). Raperda ini disampaikan dalam rapat paripurna, di ruang rapat paripurna di Kelurahan Majapahit, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Jumat (11/5).

Untuk Raperda usulan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau disampaikan Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani, yakni Raperda tentang Perubahan Keempat atas Perda No.11 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah, Raperda tentang Perubahan atas Perda No. 10 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, Raperda tentang susunan atas Perda No. 3 Tahun 2014 tentang Susunan Organisasi dan Kepegawaian PDAM Tirta Bukit Sulap, lalu Raperda tentang Perubahan Atas Perda No. 12 Tahun 2005 tentang Retribusi Pelayanan Persampahan dan Kebersihan serta Raperda tentang Perubahan atas Perda No. 14 Tahun 2010 tentang Retribusi Pelayanan Pasar.

Dalam rapat paripurna, Rahman Sani juga menjelaskan masing-masing penjelasan dari lima Raperda tersebut. Pada prinsipnya ia menjelaskan, lima Raperda yang diusulkan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Lubuklinggau.

Seperti Raperda tentang Perubahan Keempat atas Perda No. 11 tahun 2011 tentang Retribusi Daerah. Berdasarkan fakta di lapangan, retribusi yang ada saat ini sudah harus disesuaikan. Begitu juga Raperda tentang Perubahan atas Perda No. 10 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, yang pada prinsipnya guna meningkatkan PAD. Harapan Pemkot Lubuklinggau, pasca dilakukannya perubahan atas Perda keduanya, PAD Kota Lubuklinggau bisa meningkat.

“Sementara Raperda tentang susunan atas Perda No. 3 Tahun 2014 tentang Susunan Organisasi dan Kepegawaian PDAM Tirta Bukit Sulap, diusulkan agar adanya efektivitas dan efisiensi serta peningkatan pelayanan di PDAM Tirta Bukit Sulap,” jelas Rahman Sani.

Sementara untuk Raperda inisiatif DPRD yakni, Raperda tentang Pendidikan Baca Tulis Alquran, Raperda tentang Jam Belajar Malam, Raperda tentang Penataan Waralaba, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern, lalu Raperda tentang Ruang Terbuka Hijau serta Raperda tentang Pemenuhan Air Bersih.

Ketua Bapemperda DPRD Kota Lubuklinggau, Merismon juga menyampaikan penjelasan masing-masing Raperda tersebut. Seperti Raperda tentang Pendidikan Baca Tulis Alquran, di Kota Lubuklinggau saat ini masih rendahnya kemampuan dalam baca tulis Alquran sehingga perlu ditingkatkan. Selain itu dengan Perda ini nantinya bisa meningkatkan pemahaman mengenai baca tulis Alquran serta meningkatkan minat baca tulis Alquran sejak dini.

Sementara Raperda tentang Jam Belajar Malam dijelaskannya, diusulkan untuk meningkatkan motivasi belajar terhadap anak.

“Tujuannya, juga untuk mengontrol agar anak tidak keluar malam,” tegas Merismon. (13)

Rekomendasi Berita