oleh

Lima Kecamatan Rawan Kebakaran

Masuk Musim Kemarau

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Meski Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) dan BPBD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) belum mengumumkan kalau saat ini memasuki musim kemarau, namun suhu saat ini mencapai 32 Derajat Celcius.

Sehingga, bencana kebakaran kerap menghantui di beberapa wilayah yang rawan di Kabupaten Musi Rawas.

Mengantisipasi hal tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Musi Rawas, Paisol kepada Linggau Pos, Selasa (30/1) mengatakan kalau memang sekarang suhu cukup panas, namun meski demikian belum ada surat resmi dari BMKG Provinsi Sumsel untuk waspada.

Menurut Paisol memang melihat suhu udara yang mencapai 32 derajat, tentu saja cukup panas. Hanya saja sampai sekarang pihaknya belum mendapatkan undangan untuk melakukan rapat terkait mengantisipasi bencana kebakaran ini.

“Begitu juga dengan hotspot sampai sekarang belum terdeteksi. Kemudian, laporan kebakaran lahan juga belum ada yang masuk ke kita, ini artinya wilayah Musi Rawas masih aman, meski sudah memasuki musim panas,”tuturnya.

Bahkan, lanjut Paisol, ketika sudah mendapatkan petunjuk dari BMKG dan BPBD Sumsel, maka pihaknya akan mendirikan posko, walaupun saat ini di BPBD sudah membuka posko 24 Jam.

“Kalau sekarang baru satu Posko, tapi kalau memang ada petunjuk lain dari BPBD Pusat dan Provinsi, maka akan kita dirikan posko yang lain,” ucapnya.

Untuk wilayah yang rawan kebakaran sendiri antara lain menurut Paisol di BTS Ulu Cecar, Muara Kelingi, Megang Sakti, sebagian STL Ulu Terawas dan Kecamatan Selangit.

“Saya minta kepada masyarakat untuk terus waspada terhadap segala macam bentuk bencana mulai dari kebakaran, longsor, ataupun kebakaran,” tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita