oleh

Letak TPS Tentukan Tingkat Partisipasi Pemilih

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas, menginstruksikan agar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Musi Rawas untuk selektif dalam menentukan titik didirikannya Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal ini, disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas, Ach Zaein, Selasa (5/12).

Sebab, menurut Zaein, hal itu berbanding lurus dengan jumlah masyarakat yang menggunakan hak pilihnya, jauhnya jarak tempuh bisa membuat masyarakat enggan menggunakan hak pilih.

“Ini harus menjadi kajian untuk PPK, agar tidak salah dalam menempatkan TPS nanti,” kata Ach Zaein.

Misalnya, dilanjutkan Zaein, ada satu desa yang jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) kurang lebih 400 orang, bisa didirikan dua TPS. Tapi, sebelum melakukan itu hendaknya terlebih dulu melakukan koordinasi dengan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), dengan menyampaikan apa-apa saja yang dijadikan dasar untuk menentukan itu.

“Bila Panwascam tidak setujui, ajak survei kelapangan. Tunjukan ke mereka, kalau letak geografis yang jadi pertimbangan dalam mendirikan TPS. Jangan sampai, hanya karena letak TPS yang terlampau jauh membuat partisipasi pemilih rendah,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga meminta PPK untuk melakukan sosialisasi yang berkesinambungan kepada masyarakat hingga ke pelosok desa, mengenai waktu dan jadwal pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan dilakukan pada 27 Juni 2018.

Untuk diketahui, jadwal pendaftaran pasangan calon diagendakan dimulai 8 dan 10 Januari 2018 mendatang. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan proses seleksi selama sebulan. Penetapan pasangan calon dijadwalkan 12 Februari dan masa kampanye, 15 Februari sampai 23 Juni 2018. Selanjutnya, pengadaan dan distribusi surat suara, dilaksanakan 17 Maret sampai 26 Juni 2018.

Kemudian untuk pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan dari 27 Juni sampai 3 Juli 2018. Penetapan hasil Pemilu dilakukan pada tanggal 9 Juli 2018. Penetapan itu setelah melalui tahapan rekapitulasi di Provinsi. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita