oleh

Legislator Minta Lindungi Generasi Muda

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura), Rudi Hartono meminta Komisi Perlindungan Anak  Daerah (KPAD) bersama Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPA), untuk rutin melakukan sosialisasi. Tujuannya, untuk melindungi anak dari kejahatan maupun tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Menurut Rudi sapaan akrab Rudi Hartono, anak-anak harus dapat pembelajaran hukum, agar bisa mengetahui kejadian yang dialaminya merupakan pelanggaran hukum. Sebab, sudah banyak kejadian anak-anak jadi korban.

“Anak-anak harus dilindungi, karena mereka merupakan generasi penerus bangsa,” kata Rudi, Senin (5/11).

Selain itu, karena persoalan kekerasan terhadap anak merupakan tanggung jawab bersama. Maka, sasaran sosialisasi bukan hanya anak-anak, tapi pihak-pihak yang berkompeten, bisa dari Organisasi Masyarakat (Ormas) maupun Organisasi Kepemudaan (OKP), mereka dapat dimanfaatkan sebagai penyambung sosialisasi yang sudah dilakukan lembaga perlindungan anak.

Kemudian, selain kerap jadi korban kekerasan anak-anak juga sering melakukan perbuatan yang menyimpang terutama yang berumur 15 tahun sampai 17 tahun. Mulai dari penyalahgunaan narkoba, penyimpangan seks, pornografi, tawuran dan kebut-kebutan. Maka, dibutuhkan masukan yang positif, agar mereka dapat mengetahui perbuatan yang sudah dilakukannya itu menyimpang, dan dapat merugikan diri mereka sendiri.

“Semoga kedepan, generasi muda dapat menyambut tongkat estafet kepemimpinan yang ditinggalkan,” harapnya. (aku)

News Feed