oleh

Legislator Golkar Di-PAW

LUBUKLINGGAU – KPU Kota Lubuklinggau telah memproses usulan Pergantian Antar Waktu (PAW) dari DPD Partai Golkar Kota Lubuklinggau. Usulan PAW dilakukan karena anggota fraksi Partai Golkar DPRD Kota Lubuklinggau, Lexi Yunicko, meninggal dunia.

Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi Teknis, Bambang Irawan mengatakan kalau pihaknya telah melakukan verifikasi terhadap usulan dari PAW tersebut. Hasil dari verifikasi, dituangkan dalam Berita Acara (BA), bahkan hasil kajiannya sudah dilaporkan ke KPU RI, bahwa Lexi Yunicko digantikan Neli.

“Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara pada Pileg 2014, usulan yang diajukan Partai Golkar sesuai dengan hasil pleno tersebut,”kata Bambang Irawan, Jumat (25/1).

Menurut Bambang, pihaknya sebagai penyelenggara pemilu hanya memproses usulan PAW yang diajukan Partai Golkar. Karena, memang tidak ada kewenangan dari KPU memproses usulan PAW yang diajukan Partai Politik (Parpol).

“Usulan PAW kewenangan dari Parpol, kami KPU hanya memproses usulan yang diajukan mereka. Setiap usulan PAW yang diajukan Parpol akan diproses sesuai aturan,” jelasnya.

Hasil penetapan yang telah diajukan diserahkan ke DPRD Kota Lubuklinggau dan Pemerintah Kota Lubuklinggau, untuk diteruskan ke Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru. Nanti, Surat Keputusan (SK) dari Gubernur yang akan dijadikan acuan dari DPRD Kota Lubuklinggau melakukan pelantikan terhadap Neli sebagai wakil rakyat.

Partai Golkar memang harus cepat bergerak dalam memproses pengajuan PAW, karena berdasarkan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang (UU) Susunan Kedudukan Anggota DPR/DPRD dan UU No 27 tahun 2009, kemudian tentang petunjuk pelaksanaannya  Peraturan Pemerintah (PP) No 16 tahun 2010, PAW tidak dibenarkan lagi bila masa jabatan anggota dewan tinggal 6 bulan. Sementara, masa jabatan anggota legislatif akan berakhir pada 1 Oktober 2019 mendatang, sementara saat ini sudah akhir Januari 2019. Maka, Partai Golkar harus bergerak cepat, kalau tidak mau kehilangan hak kadernya untuk duduk di parlemen.

Seperti diketahui satu diantara Caleg Partai Golkar, Lexi Yunicko meninggal dunia, Selasa (1/1) di Kota Lubuklinggau.

Nicko sapaannya mendapat nomor urut lima di Partai Golkar dengan berada di Dapil Lubuklinggau IV yang membawahi wilayah Kecamatan Lubuklinggau Timur I dan Lubuklinggau Timur II. Nama, Nicko bersanding dengan sejumlah politisi senior Partai Golkar Kota Lubuklinggau, salah satunya, Rodi Wijaya yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Lubuklinggau. (aku)

Rekomendasi Berita