oleh

Legislator Ajak Bela Negara

MUSI RAWAS – Anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura), Rudi Hartono mengatakan di era multi informasi seperti sekarang ini, tantangan dalam bela negara semakin besar. Tentu semua pihak harus ikut berpartisipasi dalam bela negara, mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN), mahasiswa hingga masyarakat umum. Khusus untuk ASN, harus bisa memberi pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

“Apapun profesinya baik ASN, pelajar maupun masyarakat umum, harus bisa berkontribusi untuk membela negara,” katanya, Rabu (19/12).

Menurutnya, ancaman terbesar saat ini datang dari lingkup Media Sosial (Medsos) yang tak sedikit mengarah ke provokasi dan ingin memecah belah persatuan. Maka, harus dilakukan sosialisasi segencar mungkin, agar masyarakat tidak terpengaruh dengan berita hoaks yang mungkin disebarkan orang-orang tidak bertanggung jawab. Tujuannya, untuk memecah belah persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia.

“Kita harus membentengi diri masing-masing dari oknum yang coba untuk memecah bela persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya.

Selain itu, masyarakat juga harus peduli dengan lingkungan masing-masing, terutama lingkungan keluarga, dengan memberi pemahaman kepada para anggota keluarganya agar tidak melakukan perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri.

“Zaman penjajahan, kita bela negara dengan melawan penjajah. Tapi, diera modern ini hal itu tidak bisa lagi dilakukan. Jadi, cara bela negara adalah menjaga anggota keluarga masing-masing,” jelasnya.

Terpisah, anggota DPRD Kabupaten Mura, A Rasip mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam bela negara. Sesuai dengan profesi masing-masing, caranya dengan melaksanakan tugas sesuai aturan dan Perundang-undangan yang berlaku.

“Patuhi aturan sesuai bidang profesi masing-masing, sebab itu merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada negara yang kita cintai ini,” kata Rasip. (aku)

Rekomendasi Berita