Ledakan di RS, Tiga Terluka

LINGGAUPOS.CO.ID – Pasien-pasien dievakuasi berikut tempat tidur. Ada yang menggunakan kursi roda, sedangkan asap tipis masih terlihat di ruang IGD.

“Ledakannya cukup keras pak, lebih kuat dari ban truk pecah. Abis ledakan itu kita dengar perawat-perawat pada menjerit minta tolong dan keluar,” ujar Hen, salah satu tukang ojek yang mangkal didepan RSUD Sekayu.

Tidak lama, setelah terdengar suara ledakan keluar asap dan terjadi kebakaran di belakang IGD. Beberapa menit kemudian kata dia, sejumlah petugas pemadam kebakaran beserta kendaraan pemadam tiba dan langsung memadamkan api.

“Ada sekitar tiga mobil yang datang, api sekitar setengah jam kemudian baru padam,” kata Hen. Sejumlah keluarga pasien pun tampak panik, bahkan ada yang buru-buru datang ke RSUD Sekayu lantaran dikabari kerabatnya yang dirawat.

“Saya lagi dikebun pas ditelepon, kalau kejadiannya saya kurang tahu,” tandas salah satu keluarga pasien yang enggan menyebut nama.

Pantauan di lapangan, terlihat sejumlah pasien dengan selang infus bahkan tabung oksigen dievakuasi di titik kumpul yang ada di sekitar areal parkir keluar RSUD Sekayu. Ada yang masih terbaring di kasur, ada juga yang diatas kursi roda.

Sementara kondisi gudang gas medis sendiri tampak bekas menghitam dibagian plafon luar. Bagian yang terbakar di dalam, namun saat wartawan datang sudah ditutup dan dipasang garis pembatas. Sejumlah petugas rumah sakit terlihat sibuk membersihkan dan memindahkan tabung oksigen.

Setidaknya ledakan dan kebakaran menyebabkan tiga pegawai rumah sakit terluka. Mereka bekerja di bagian instalasi pemeliharaan sarana dan prasarana RSUD Sekayu.

Ketiganya yakni Oktari Andika, Candra Irawan, Faridil. Dua diantaranya dirawat di RSUD Sekayu, sedangkan Oktari Andika yang mengalami luka bakar di kaki kini dirujuk ke RSMH Palembang.

“Satu luka bakar, sebenarnya bisa dirawat disini, tapi kita ingin agar perawatan sempurna jadi butuh ke sub spesialis makanya disarankan dirujuk RSMH Palembang. Yang lain luka karena mengisap gas, sudah ditangani disini,” ujar Kadinkes Muba dr Azmi Dariusmansyah MARS yang datang meninjua lokasi.

Kondisi rumah sakit, kata Azmi sudah berjalan normal, meski sempat dimatikan listriknya agar kebakaran dan kerusakan tidak menyebar ke bagian lain. Asap masuk ke ruang IGD RSUD Sekayu sehingga pasien harus dievakuasi keluar.

Terkait ledakan yang terjadi, Azmi belum mengetahui penyebabnya, asalnya dari gudang gas medis.  “Ada sedikit ledakan atau gangguan di gas medis, alhamdulillah sudah diatasi, soal penyebab belum tahu pasti. cuma yang jelas petugas yang bekerja sudah sesuai SOP, kita tahu juga kondisi suhu tengah panas,” katanya.

Humas RSUD Sekayu Andodi mengatakan bahwa ledakan berasal dari tabung gas oksigen di ruang gas medis yang merupakan tempat penyimpanan tabung gas.

”Yang terluka pegawai honor,  kemudian pada saat terjadi ledakan ada beberapa pasien yang panik, sesuai prosedur kita, petugas mengarahkan mereka ke luar ruangan (titik kumpul),” ungkap Andodi.

Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya SIK membenarkan kejadian tersebut. “Belum tahu penyebabnya, masih kita selidiki,” ujarnya.(*)

Sumber: sumeks.co

Rekomendasi Berita