oleh

Lebihi Batas Maksimal, Lima Desa Ikuti Tes Tertulis

LINGGAU POS ONLINE, RUPIT – Lima desa melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak kedua tahun 2017 Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Panitia pun melaksanakan tes tambahan. Berupa tes tertulis lantaran jumlah bakal calon Kades, melebihi batas maksimal yaitu lima bakal calon Kades.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMD-P3A) Kabupaten Muratara, Firdaus mengungkapkan pasca dilaksanakan verifikasi berkas persyaratan bakal calon Kades oleh panitia kabupaten. Selanjutnya bagi desa yang bakal calon Kadesnya lebih dari batas maksimal yakni lima bakal calon Kades, maka akan dilakukan tes tambahan untuk mengambil lima bakal calon Kades.

“Hari ini (kemarin, red) secara serentak dilakukan tes tertulis di lima desa, lantaran bakal calon Kades lebih dari lima, berupa tes tertulis, “ungkapnya, Kamis (9/11).

Lebih lanjut, kelima desa tersebut yakni Desa Karang Anyar Kecamatan Rupit sebanyak 8 bakal calon Kades, Desa Beringin Makmur I sebanyak 7 bakal calon Kades, Desa Beringin Sakti sebanyak 7 bakal calon Kades, Desa Jadi Mulya Kecamatan Nibung sebanyak 7 bakal calon Kades dan Desa Kertasari Kecamatan Karang Dapo sebanyak 9 bakal calon Kades.

Untuk desa-desa tersebut melaksanakan tes serentak di Kecamatan masing-masing yang hasilnya akan diumumkan hari ini juga di kantor kecamatan.

“Dari pantauan dirinya dan tim kabupaten proses tes berjalan dengan baik, lancar,” sebutnya.
Untuk soalnya sendiri berkenaan dengan Undang-undang Dasar 1945, Pancasila, Pemerintahan dan Sosial Budaya (Sosbud) yang dibuat oleh tim kabupaten.

“Koreksinya akan dilakukan oleh tim kabupaten, bagi yang masuk lima besar persiapan untuk mengikuti tahapan selanjutnya, sementara untuk yang tidak masuk diharapkan untuk bersabar, persiapan di periode berikutnya,” imbau Firdaus. (07)

Komentar

Rekomendasi Berita