oleh

Launching BUMDes Bumi Makmur, Lepas 1,1 Ton Ikan

RIBUAN masyarakat di Kecamatan Nibung tumpah ruah di Desa Bumi Makmur Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Masyarakat yang berasal dari seluruh desa di wilayah Kecamatan Nibung, berbondong-bondong dengan membawa kail menyerbu kolam bendungan Sidodadi milik Desa Bumi Makmur, yang terletak di dusun II, lantaran Pemerintah Desa, Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bumi Makmur melepaskan ikan sebanyak 1100 ton, ke kolam tersebut untuk dipancing olehnya masyarakat.

Kades Bumi Makmur, Yapno selaku Inisiator yang juga motor terselenggaranya acara Mancing Mania, dimana perdana dilaksanakan di ‘Bumi Beselang Serundingan’ ini.

“Mancing mania ini merupakan bagian dari launching BUMDes Bumi Makmur, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi Desa Bumi Makmur, berupa Embung ikan,” kata Yapno, Minggu (25/3).

Dijelaskannya, untuk ikan yang dilepas sebanyak 1,1 ton dengan jenis, lele, nila dan patin.

Mudah-mudahan, momentum ini selain memberikan hiburan kepada masyarakat, dapat memberikan manfaat berupa ikan yang apabila dapat langsung boleh dibawa pulang.

“Untuk menambah semangat para pemancing, disediakan puluhan hadiah hiburan berupa, magic com, blender, termos, jam dan lainnya, Bahkan hadiah uang tunai langsung, baik Rp 500 ribu, Rp 1 juta, Rp 2 Juta hingga Rp 5 juta, apabila masyarakat dapat ikan yang sudah ditandai oleh panitia,” terang Yapno.

Sementara itu, Camat Nibung, Meizar Sukarda merasa bangga atas terlaksananya mancing mania ini, karena ini adalah bagian dari program launching BUMDes diseluruh desa diwilayah Kecamatan Nibung. Dengan diawali oleh Desa Bumi Makmur.

“Kami patut berbangga hati atas terlaksananya Mancing mania oleh Desa Bumi Makmur ini karena perdana dalam rangka launching BUMDes di Kecamatan Nibung,” kata Meizar.

Lebih lanjut Meizar menambahkan, Mancing mania Desa Bumi Makmur yang terlaksana hari ini (Kemarin, red), perdana dan akan dilanjutkan oleh seluruh desa-desa di Kecamatan Nibung.

“Kita harapkan, ini awal yang baik lantaran BUMDes perdana, dan akan diteruskan oleh desa-desa lainnya, dengan potensi yang ada di masing-masing desa,” bebernya.

Tidak hanya itu, Lokasi yang digunakan untuk mancing mania saat ini, akan ditingkatkan untuk dijadikan lokasi wisata air dan jogging track masyarakat.

“Tahun depan akan ditingkatkan berupa wisata air, dengan membeli sepeda air dan pembangunan lokasi jogging track untuk masyarakat desa,” imbuhnya.

Dari pantauan, yang memancing di lokasi kegiatan, ada yang dari Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. (12)

Rekomendasi Berita