oleh

Latih Kepemimpinan Bersama LKS

LKS (Latihan Kepemimpinan Siswa) SMAN 3 Model Lubuklinggau, tentu saja ekstrakurikuler ini memiliki pengetahuan tentang menjadi seorang pemimpin yang arif dan bijaksana. Ekstrakurikuler LKS ini sudah terbentuk sejak lama, di bawah binaan Herrys Mulyanto. Yang kini memiliki anggota 22 siswa-siswi dari kelas X dan Xll. Langsung saja kita simak seputar kegiatannya di bawah ini.

Sistem latihannya bagaimana?

“Kami latihan setiap Kamis pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sistemnya di sini kami mempelajari seputaran materi tentang LKS, sejarah LKS, lagu-lagu di LKS, mengenal jajaran pengurus unit dan kota. Kalau di lapangan itu lebih ke fisik seperti melakukan pemanasan beryel-yel dan jika ada yang melanggar aturan yang telah diterapkan seperti terlambat akan kami hukum dengan hukuman yang mendidik tentunya, yang disampaikan oleh para senior,” tegas Nella Reka Dispi, senior LKS SMAN 3 Model Lubuklinggau.

Agenda khususnya apa?

“Agenda khususnya kami mengikuti Latgab (Latihan Gabungan) bersama SMA se-Kota Lubuklinggau, mengikuti perlombaan antar sekolah dan saling bersilaturahmi serta mengadakan Diklat Unit dan Kota,”jelasnya.

Apa sih manfaat mengikuti LKS ?

“Menurut saya itu banyak manfaatnya, dulu saya benar-benar nggak tahu apa itu LKS, setelah saya mendalami dan belajar tentang LKS, manfaatnya itu seperti kita banyak mendapatkan teman dari luar sekolah, menjadi mandiri, etika yang baik, bisa mengetahui menjadi seorang pemimpin itu bagaimana dan kita banyak mendapatkan pengalaman,” ungkapnya.

Wadahnya itu seperti apa sih?

“Cocok sekali dengan para remaja, because untuk menempa diri menjadi pribadi mandiri itu dimulai saat usia muda untuk mencari pengelaman yang bersifat positif,” ujarnya.

Pernah membuahkan prestasi?

“Alhamdulillah pernah salah satunya menjadi tuan rumah saat Latgab LKS se-Kota Lubuklinggau meraih Juara 1 yel-yel terbaik dan Juara 2 Sekolah Terbaik dan Juara 3 Lomba Lukis saat Perayaan Sumpah Pemuda,” tambahnya.

Menurut pribadi bagaimana rasanya ikut LKS?

“Menurut saya suatu kebanggaan bisa ikut LKS, dari yang dulunya saya tidak tahu dan tidak mengerti tentang menjadi sosok seorang pemimpin dari yang dulunya penakut tidak berani untuk tampil di depan banyak orang sekarang sudah berani dan tentunya sudah nyaman dengan LKS ini,”tutupnya. (s4)

Rekomendasi Berita