oleh

Latih Interaksi Anak dengan Drum Band

TANJUNG INDAH – Ekstrakurikuler drum band menjadi daya tarik tersendiri bagi anak didik PAUD. Dari kegiatan ini, anak belajar kompak memainkan alat musik, agar tercipta keharmonisan.

Dari sisi edukasinya, Drum Band sangat bermanfaat untuk melatih cara kerja kelompok. Namun, tak mudah membangun kekompakan anak untuk bisa memainkan alat musik secara sempurna.

Kepala TK Bunda PKK, Yoyoh Saadiah menjelaskan banyak yang harus diperhatikan dalam melatih dan mengajarkan drum band untuk anak usia dini.

“Alhamdulillah, sejak dulu TK Bunda PKK sudah memiliki ekstrakulikuler drum band. Bahkan, ekstrakulikuler ini paling diminati anak didik. Setiap hari Sabtu anak-anak berlatih drum band,”ungkapnya.

Alat-alat drum band yang tersedia pun, dipilih yang nyaman dan aman bagi anak-anak.

“Karena sifat anak-anak yang susah diatur dan terkadang sering menabuh instrumen dengan sesuka hati. Setiap latihan, biasanya saya maupun pelatih drum band terlebih dahulu memberikan pemahaman kepada mereka mengenai kedisiplinan,” terang Yoyoh.

Kemudian untuk meningkatkan semangat anak dalam berlatih, guru mengajarkan lagu yang anak-anak sukai dan sudah sering di dengar oleh mereka.

Dari kegiatan ini, anak berlatih komunikasi, berinteraksi dan bekerja sama. Selain itu, juga mengajarkan mereka untuk fokus dan disiplin. Bahkan memainkan alat musik juga menstimulasi perkembangan saraf dan sel otak anak. (rrf)

Rekomendasi Berita