oleh

Latih Anak Mandiri, Disiplin dan Berjiwa Leadership

SMANTER Scout Challenge III Sukses Digelar

SMAN Model Terawas menutup semester gasal tahun ajaran 2018/2019 dengan SMANTER Scout Challenge III. Ratusan anggota Pramuka Penggalang dan Siaga se-Kabupaten Musi Rawas (Mura) andil dalam kompetisi tersebut.

Laporan Sulis, STL Ulu Terawas

KETUA Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Mura, Hj Suwarti membuka SMANTER Scout Challenge III, 22 Desember 2018 lalu. Momen ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mura Irwan Evendi, Camat STL Ulu Terawas Saparudin Husein, serta Kepala SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Mura.

Kepala SMAN Model Terawas, Henni Kristiati menjelaskan acara yang diadakan 22-26 Desember 2018 tersebut merupakan kegiatan rutin Pramuka Gudep Raden Fatah Dayang Torek Smanter Model Penjamin Mutu Pendidikan (PMP).

Untuk tahun ketiga, kata Henni, diadakan beberapa lomba.

“Tingkat Penggalang ada Lomba LKBB, Pionering, Perkusi, Lukis, Masak, Hasta Karya, Sandi Morse Smapore dan MTQ. Sementara untuk tingkat Siaga mengikuti Lomba Yel-yel, Pionering, Nasyid, Kultum dan Ranking 1. Jadi lomba-lomba ini diadakan mengasah kemampuan mereka dari kegiatan yang biasa dilakukan selama ekstrakulikuler Pramuka di sekolah,” jelas Henni.

Ia berterima kasih, karena kegiatan tersebut mendapat apresiasi Wakil Bupati Mura dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mura.

“Kami sengaja mengadakan event ini, sebab Pramuka salah satu ekstrakulikuler yang bisa mencetak calon pemimpin masa depan. Sebab, dari Pramuka anak belajar disiplin. Sebab, dalam kegiatan Pramuka semua hal biasanya akan diatur dengan jadwal dan tata tertib yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota. Lalu Dasa Dharma Pramuka mengajarkan anggota Pramuka untuk menyayangi antara manusia, sopan, rela menolong, dan selalu bersahaja. Ini penting untuk membangun karakter positif dalam diri anak,” jelas Henni.

Bahkan, Hj Suwarti mengucapkan selamat kepada Penggalang SMPN Model Terawas yang berhasil memboyong Piala Bergilir hasil raihan Juara Umum SMANTER Scout Challenge III.

“Saya mengapresiasi SMAN Terawas yang mewadari para anggota Pramuka di Kabupaten Mura untuk mengasah kemampuannya. Saya juga mengapresiasi orang tua yang mendukung putra-putrinya untuk aktif dalam kegiatan kepramukaan. Sebab Pramuka mendidik anak memiliki jiwa leadership. Melalui Pramuka diajarkan jiwa kepemimpinan, disiplin, kejujuran, tanggung jawab, menjawab semua masalah dan mengatasinya,” imbuh Suwarti.(*)

Rekomendasi Berita