oleh

Latih Anak Berinteraksi dengan Drum Band

LINGGAU POS ONLINE, TANJUNG AMAN – Ada beberapa lembaga pendidikan pra sekolah yang memiliki ekstrakulikuler drum band. Ekstrakulikuler ini banyak diminati. Karena melibatkan anak dalam latihan drum band memberikan manfaat, terutama memotivasi anak lebih mudah berinteraksi.

“Anak belajar menggabungkan instrumen satu dengan yang lainnya hingga tercipta keharmonisan dan juga keselarasan dalam memainkan musik. Di dalam dunia pendidikan, kegiatan Drum Band juga salah satu kegiatan belajar yang mampu melatih cara kerja kelompok,” tutur Kepala TK Bunda PKK, Yoyoh Saadiah, yang ternyata di lembaga yang dipimpinnya juga menyediakan ekstrakulikuler drum band.

Meski menyenangkan, kata Yoyoh, untuk bisa memainkan alat-alat musik dalam drum band anak harus memiliki skill-skill tertentu.

“Bagi orang dewasa pun memainkan drum band terkadang tidak semudah yang kita bayangkan, apalagi untuk anak usia dini. Sehingga banyak yang harus diperhatikan dalam melatih dan mengajarkan drum band untuk anak usia dini,” jelasnya.

Menurutnya, sejak dulu TK Bunda PKK sudah memiliki ekstrakulikuler drum band dan jadi daya tarik anak masuk ke TK ini setiap tahunnya.

“Ekstrakulikuler ini dilaksanakan satu kali dalam seminggu setiap Sabtu,” ungkapnya.

Setiap latihan, biasanya guru maupun pelatih drum band terlebih dahulu memberikan pemahaman kepada mereka mengenai kedisiplinan, memahami apa yang mereka inginkan. Kemudian untuk meningkatkan semangat mereka dalam berlatih, guru juga mengajarkan lagu yang anak-anak sukai dan sudah sering di dengar oleh mereka.

Kegiatan drumband ini juga bisa dikatakan sebagai pemicu berkembangnya karakter dan kemampuan si anak dalam interaksi dan bekerja sama. Sehingga kegiatan drum band ini sangat bermanfaat untuk perkembangan karakter anak, melatih mereka dalam berkomunikasi, berinteraksi dan bekerja sama, mengajarkan mereka untuk fokus dan disiplin serta menstimulus perkembangan saraf dan sel otak anak. (AE02)

Rekomendasi Berita