oleh

Laporkan Aktivitas Galian C ke Gubernur

Diduga Mencemarkan Sungai Rawas

LINGGAU POS ONLINE- Musi Rawas Utara (Muratara), HM Syarif Hidayat laporkan dugaan Pencemaran Air Sungai Rawas di Kecamatan Rawas Ulu, kepada Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru. Pencemaran sungai ini terjadi, akibat maraknya penambang pasir ilegal.

Syarif menegaskan, laporan ini disampaikannya beberapa hari lalu bersamaan dengan melaporkan kegiatan lainnya, yang merugikan masyarakat. Ia mengaku sengaja melaporkan hal ini ke Gubernur, karena permasalahan ini di bawah wewenang provinsi.

“Pemerintah tidak akan tinggal diam, ketika ada kegiatan yang merugikan masyarakat. Ya kita laporkan saja ke Gubernur,” tegas Syarif.

Disinggung terkait sanksi yang akan diberikan kepada penambang Galian C, suami Lia Mustika Syarif ini juga menegaskan akan menjadi kewenangan pihak provinsi.

“Kita lihat saja sanksi apa yang akan diberikan, karena Gubernur yang memiliki keputusan. Tugas kita sudah mengarahkan dan melarang dan upaya terakhir kita laporkan,” jelasnya.

Sementara Kepala DLHP Muratara, Suharto Pati melalui Kabag Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup, Indrayani mengatakan pihaknya belum menerima laporan tertulis mengenai adanya Dampak lingkungan dari Galian C.

“Hanya ada aduan melalui Sosial Media (Sosmed) dan aduan secara lisan. Tentu kami akan mempelajarinya, sebelum mengambil sikap,” ungkap Indrayani.

Sementara itu Awalni, salah seorang anggota LSM Langit Biru menilai tindakan Bupati melaporkan kepada Gubernur merupakan hal yang tepat, mengingat Galian C menjadi wewenang Gubernur.

“Kami selaku pengamat lingkungan sangat mendukung, kita juga paham bila penambangan pasir yang merasakan masyarakat merupakan wewenang provinsi yang menindak,” ungkapnya singkat. (fji)

Rekomendasi Berita