oleh

Lapas Perlu Revolusi Mental

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Lubuklinggau memiliki hubungan yang sangat harmonis dengan lembaga vertikal, salah satunya dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lubuklinggau.

Dalam puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemasyarakatan ke-54, Lapas Kelas IIA Lubuklinggau mengadakan kegiatan seremonial dihadiri Asisten II Setda Kota Lubuklinggau, H Rusli.

Kegiatan yang dipusatkan di lingkungan Lapas Kelas IIA Kelurahan Pelita Jaya, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Jumat (27/04) dihadiri tamu undangan lainnya.

Diantaranya, Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Sumatera Selatan (Sumsel), Drs Kemas Hamzah Zen, Kepala BNN Kota Lubuklinggau, Edy Nugroho, Kapolres Kota Lubuklinggau, Sunandar, Wakapolres Kota Lubuklinggau, Kalapas Narkotika Muara Beliti, Cabang Rutan Tebing Tinggi, Cabang Rutan Surulagun dan para tamu undangan lainnya. Drs Kemas Hamzah didaulat sebagai inspektur upacara.

Dalam sambutan Menteri Hukum HAM RI. yang dibacakan Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel, Drs Kemas Hamzah Zen menyampaikan lahirnya lembaga pemasyarakatan sebagai lembaga pelaksana pidana yang mempunyai kewenangan terhadap pelaksanaan sejak tahap pra ajudikasi, ajudikasi dan post ajudikasi harus mengemban amanah tersebut dengan sebaik-baiknya.

Serta memberikan pelayan terbaik serta tetap menumbuhkembangkan sikap aspiratif, transparan, responsif terhadap semua situasi dan perubahan yang terjadi pada lingkungan strategis serta mampu menciptakan harmonisasi terhadap berbagai perbedaan yang terjadi dalam pelaksanaan tugas.

“Di mana para pendahulu kita saat itu mampu menjebol hegemoni sistem kepenjaraan yang telah hidup berpuluh-puluh tahun bahkan berabad-abad dari praktik penegakan hukum. Untuk itu, revolusi mental di pemasyarakatan jajaran sangatlah penting sebagai momentum dari sebuah perbaikan. Saya berharap tidak ada lagi cerita usang tentang rendahnya moralitas dan integritas petugas pemasyarakatan terulang,” tegasnya Drs Kemas Hamzah Zen.

Kemas Hamza berpesan jajarannya tetaplah semangat bekerja dengan penuh dedikasi dan pantang menyerah, tunjukan rasa cinta terhadap bangsa dan negara ini dengan memberikan Dharma Bakti melalui pengabdian yang terbaik.

Kegiatan peringatan HUT Pemasyarakatan ke-54 ini di tutup dengan pemotongan tumpeng oleh Kakanwil Kemenkumham Sumsel Drs Kemas Hamzah Zen, serta bersama para tamu undangan, dan diakhiri dengan acara ramah-tamah. (CW01).

Rekomendasi Berita