oleh

Lakukan Aksi Positif Anti Coret-coret

Siswa SMAN 1 Lubuklinggau Berbagi

LINGGAU POS ONLINE, PELITA – Sebagai kakak tingkat, siswa – siswi kelas XII SMA Negeri 1 Lubuklinggau punya cara jitu untuk menanamkan kebiasaan positif kepada adik tingkatnya. Terutama dalam merayakan kelulusan. Mereka melakukan bakti sosial, berbagi dengan warga kurang mampu dan yang membutuhkan, Jumat (4/5).

“Iya, kami adakan Bakti Sosial. Ini hasil iuran siswa-siswi kelas XII kami belikan nasi bungkus untuk dibagi-bagikan. Sebenarnya Bakti Sosial tersebut merupakan aksi lanjutan, setelah kami lakukan penandatanganan fakta integritas menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) awal April 2018 lalu. Saat itu, kami menandatangani spanduk, sebagai wujud komitmen kami untuk tidak akan melakukan konvoi maupun corat-coret saat kelulusan,” jelas Rahmat, Perwakilan Siswa Kelas XII SMAN 1 Lubuklinggau, saat melakukan Bakti Sosial ke Panti Jompo Tresna Werdha Budi Luhur Kayu Ara, kemarin.

Bakti sosial tak hanya dilakukan di Panti Jompo, namun Rahmat dan teman-temannya juga memberikan nasi untuk tukang becak, tukang sapu, anak panti asuhan, dan sebagainya.

Menurut Rahmat, kegiatan itu mereka lakukan tujuannya bukan hanya untuk memberikan contoh positif bagi adik tingkatnya. Namun juga diharapkan menginspirasi peserta didik di Kota Lubuklinggau, agar lebih arif dalam menunjukkan rasa syukur atas kelulusan.
Apa yang dilakukan siswa-siswi kelas XII ini, diapresiasi Kepala SMAN 1 Lubuklinggau Zulkarnain.

“Saya bangga pada mereka. Semoga ini bermanfaat. Dan ke depan, anak-anak yang merayakan kelulusan tak lagi melakukan konvoi ataupun corat-coret. Kalau ini jadi budaya, banyak yang merasakan manfaat dari aksi sosial ini. Bayangkan, kalau 3.000 an alumni SMA/MA dan SMK di Lubuklinggau melakukan ini. Banyak yang terbantu dan insya Allah mendoakan hal-hal baik untuk mereka,” terang Zulkarnain.

Dan sebaliknya, menurut Zulkarnain, jika saat kelulusan ini peserta didik melakukan hal negatif seperti konvoi dan corat-coret, banyak yang terganggu. (02)

Rekomendasi Berita