oleh

Lahan untuk Terminal Terbengkalai

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Keberadaan terminal di suatu kabupaten sangat penting. Tapi, di Kabupaten Empat Lawang belum memiliki terminal. Padahal lahan telah tersedia di kawasan jalan lingkar kota Tebing Tinggi, dekat Jembatan Kuning , wilayah Sekip, Kelurahan Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi sudah ada. Tapi belum dimanfaatkan hingga terkesan terbengkalai.

Lahan tersebut sudah ditumbuhi rumput yang cukup tinggi. Selain itu lokasi tersebut juga dijadikan tempat masyarakat untuk belajar mobil dan motor.

Pantauan di lapangan, Rabu (15/11) lahan terminal di jalan lingkar kota Tebing Tinggi dekat Jembatan Kuning , wilayah Sekip, Kelurahan Kupang, dibiarkan saja. Belum ada pondasi bangunan untuk nantinya dijadikan terminal.

Salah seorang warga setempat, Andri, yang kerap melintas, mengatakan kalau lahan yang bakal dijadikan kawasan terminal tersebut memang sudah terlihat ditumbuhi rumput. “Banyak rumput yang sudah tinggi membuat kawasan itu jadi semak. Terlebih lagi rumput-rumput itu makin hari makin subur seiring diguyur hujan,” katanya.

Tidak hanya itu, kata Andri, lokasi terminal tersebut, saat ini dijadikan warga tempat belajar menyetir kendaraan roda empat atau mobil.

“Memang sering terlihat, banyak warga yang memanfaatkan lokasi tersebut untuk belajar mengendarai mobil,” jelasnya.

Mus, Warga lain menyebutkan, sejatinya pihak Pemerintah segera membuat terminal, agar lahan tersebut tidak terbengkalai begitu saja.

“Agar kendaraan angkutan lebih tertib dan tertata. Di sisi kawasan terminal tidak ada salahnya buat warung kecil, agar warga bisa berjualan guna mendongkrak ekonomi kerakyatan,” ungkapnya.

Sedangkan, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Empat Lawang, Rapani mengaku, jika pihaknya saat ini akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Provinsi Sumsel. Sebab jika tipe B dibangun oleh Provinsi, jika tipe A langsung pemerintah pusat, dan C oleh Kabupaten.

“Nanti kita koordinasi terlebih dahulu dengan Dishub Provinsi,” katanya.(04)

Komentar

Rekomendasi Berita