oleh

Lahan TNKS Rawan Dirusak

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Lahan kerja Tim Taman Nasional Kerinci Sablat (TNKS) Wilayah V kerap dirusak oleh warga, hal ini menunjukkan kurangnya kepedulian masyarakat untuk menjaga lahan konservasi. Ini menjadi latar belakang TNKS Wilayah V bakal membentuk kelompok masyarakat binaan pro konservasi.

Kepala TNKS Wilayah V, Hendrimon kepada Linggau Pos, Jumat (7/8) mengatakan ada beberapa kelurahan dalam Kota Lubuklinggau yang akan dibentuk kelompok binaan pro konservasi. Kelurahan yang dimaksud, seperti Kelurahan Ulak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, dan Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

Luas lahan konservasi di Kota Lubuklinggau saat ini 66 Hektare (Ha), disinyalir ada lebih kurang ada 10 persen lahan yang dirusak.

“Beragam penyebabnya, tapi memang kepedulian masyarakat masih sangat minim,” ungkap Hendrimon.

Ditambahkan Hendrimon, melalui kelompok binaan masyarakat diajak untuk terlibat secara aktif dalam menjaga kawasan TNKS sebagai penyangga kehidupan ekosistem di dalamnya.

“Tim TNKS Wilayah V terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar turut berkomitmen untuk menjaga kelestarian kawasan TNKS,” ungkap Hendrimon.

Hendrimon berharap kegiatan ini mendapat dukungan dari lurah dan camat, sehingga kelompok binaan ini segera terbentuk. Karena dikhawatirkan kerusakan lahan TNKS akan semakin melebar.(nia)

Rekomendasi Berita