oleh

Lahan PT AKL Mura Diduga Masuk RL

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Diduga ada puluhan hektar lahan yang dikelola PT Agro Kati Lama (AKL) yang beralamat di Kabupaten Musi Rawas (Mura), masuk wilayah Kabupaten Rejang Lebong tepatnya di Kecamatan Kota Padang. Dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong akan survei ke lapangan untuk selanjutnya memasang patok pilar.

Asisten I Setda Kabupaten Rejang Lebong, Pranoto Majid kepada wartawan Linggau pos, Senin (2/7) pemasangan pilar nanti akan ada beberapa tahapan dan segmen. Yakni, antara segmen Sumatera Selatan (Sumsel) l- Bengkulu, dan segmen Mura-Rejang Lebong. Sedangkan segmen Lubuklinggau-Mura sudah dilakukan.

Setelah pemasangan patok pilar nanti, akan diketahui berapa jumlah lahan milik PT AKL perusahaan perkebunan sawit yang masuk ke Kabupaten Rejang Lebong.

“Kalau dalam rapat terdahulu yang masuk ke Rejang Lebong sekitar 30 hektare. Namun saat di lapangan kemungkinan lebih, makanya nanti tergantung saat dilakukan pemasangan patok pilar berapa sebenarnya,” jelasnya.

Lokasi lahan perusahaan yang diduga masuk ke Kabupaten Rejang Lebong, diduga masuk pada kawasan Kelurahan Kota Padang Kecamatan Kota Padang Kabupaten Rejang Lebong.

“Saran kita kalau memang masuk ke Rejang Lebong ngurus izin dulu, jangan dulu bergerak membeli lahan di lapangan sama masyarakat. Kalau perusahaan harus ngurus izin, kecuali pribadi tidak jadi masalah,” katanya.

Ia juga menambahkan, perkebunan sawit sebagian sudah mulai berproduksi.

“Ya sekarang pemasangan pilar, kalau sudah jelas kita tarik garis, mana Rejang Lebong dan mana Mura kalau masuk Rejang Lebong urus izinnya,” katanya. (09)

Rekomendasi Berita