oleh

Lahan MIN Bakal Dibebaskan

CURUP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong akan membebaskan lahan untuk perluasan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN). Salah satunya MIN tertua di Rejang Lebong yakni di kawasan Dusun Curup Kecamatan Curup Utara.

Asisten I Setdakab Rejang Lebong, Pranoto menjelaskan ada beberapa usulan untuk pembebasan lahan tahun 2019 ini. Namun lantaran anggaran terbatas diprioritaskan terlebih dahulu untuk pendidikan, salah satunya pembebasan lahan MIN di Dusun Curup.

“Kalau anggaran tahun ini tidak sampai Rp2 miliar, kita upayakan lebih diprioritaskan untuk pendidikan dulu,” kata Pranoto.

Dijelaskan Pranoto, diprioritaskannya pembebasan lahan di kawasan MIN Dusun Curup lantaran tahun ini informasinya akan dilakukan pembangunan fisik untuk perluasan gedung MIN dari anggaran APBN.

Lagi pula, di sekitar kawasan MIN tersebut memang ada lahan seluas kurang dari setengah hektar milik masyarakat yang bersedia untuk dijual untuk pembangunan MIN.

“Kalau pembangunan fisiknya dari APBN melalui Kementerian Agama (Kemenag) namun untuk lahannya dari kita atau bantuan sharing pemda hibah tanah,” papar Pranoto.

Pranoto juga menambahkan, selain pembebasan lahan untuk pembangunan MIN di Dusun Curup, prioritas lainnya yakni pembebasan lahan boarding school sekitar dua hektar di kawasan Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT).

“Boarding school ini nanti pembangunannya dai Provinsi Bengkulu, lahannya kita, tahun kemarin sudah dibebaskan sekitar 3 hektare, tahun ini direncanakan tambah 2 hektare untuk mencukupi kebutuhan boarding school yang membutuhkan lahannya sekitar 5 hektare, lokasinya berdekatan dengan lokasi Brigif,”tambah Pranoto. (sam)

Rekomendasi Berita