oleh

Lagi, Mo Salah Pemain Terbaik Afrika

SENEGAL – Penyerang Liverpool Mohamed Salah kembali terpilih sebagai Pemain Terbaik Konfederasi Sepak Bola Afrika Tahun 2018. Penghargaan tersebut merupakan penghargaan kedua kalinya secara-berturut-turut, bagi sang pemain.

Untuk mempertahankan gelarnya tersebut, pesepak bola asal Mesir yang sejauh ini telah mencetak 13 gol untuk klub London Utara itu, mengalahkan rekan satu timnya, Sadio Mane asal Senegal, serta pemain depan Arsenal, Gabon Pierre-Emerick Aubameyang.

“Saya sudah memimpikan penghargaan ini sejak masih kecil dan sekarang memenangkannya dua kali secara berturut-turut,” kata Mohamed Salah saat menerima penghargaan tersebut di Senegal, BBC, Rabu (9/1) mengutip.

Selain Pemain Terbaik Afrika 2018, top skorer Liga Premier musim lalu itu juga mempertahankan gelar lainnya, Pesepak Bola BBC Afrika Tahun Ini, dan lagi-lagi untuk kali keduanya, pada akhir tahun lalu.

Pemain yang sempat cedera otot bahu saat bersinggungan dengan Sergio Ramos, di Final Liga Champions musim lalu itu, mencetak 44 gol di musim debutnya bersama The Reds. Ia juga mencatatkan dua gol atas namanya bersama Timnas Mesir di Piala Dunia Rusia lalu.

Di musim 2018-2019, pemain yang didatangkan Liverpool dari klub Italia AS Roma itu, telah mencetak 16 gol dari 29 laga di berbagai kompetisi yang dilakoninya bersama klub yang bermarkas di Anfield itu.

Bersama dengan Harry Kane dan Pierre-Emerick Aubameyang, Mo Salah, julukan akrab pemain 26 tahun itu, adalah tiga pesepak bola pencetak gol terbanyak di Liga Premier saat ini.

Mo Salah hanya membutuhkan satu gol tambahan atas namanya, untuk dapat kembali berada di puncak top skorer Liga Premier. Striker Tottenham Hotspur Harry Kane yang memuncaki daftar top skorer Liga Inggris itu hanya unggul satu gol namun kalah dalam jumlah assist (4-7).

Sementara untuk kategori Pemain Wanita Terbaik Afrika 2018, di menangkan oleh pesepak bola Afrika Selatan Thembi Kgatlana. Pesepak bola berusia 22 tahun itu adalah penyerang klub Houston Dash yang berbasis di Houston, Amerika Serikat.(ruf/fin/wsa)

Rekomendasi Berita