oleh

Kylian Mbappe Pemain Paling Berharga Sedunia

PARIS – Sebuah studi lembaga sepak bola telah memilih penyerang Paris-Saint German, Kylian Mbappe, sebagai pemain paling berharga sedunia tahun 2019. Mbappe mengalahkan beberapa nama besar Harry Kane dan Neymar Junior.

Menurut studi lembaga bernama CIES Footbal Observatory itu, banderol harga yang dimiliki pemain asal Prancis itu, Euro 218,5 juta, atau setara Rp 3,5 triliun membuatnya pantas berada di posisi puncak dan pantas akan gelar Most Valuable Player atau MVP.

Di posisi kedua ada penyerang Tottenham Hotspur, Hary Kane, yang kini tercatat sebagai top skorer sementara Premier League. Kapten Timnas Inggris itu kalah Euro 18, 2 juta (Rp 294 miliar) dari sang pemuncak.

Di posisi ketiga ada rekan satu tim Mbappe, Neymar Junior yang belakangan dikaitkan dengan transfer beberapa klub Inggris seperti Manchester United dan Chelsea. Pemain Brazil itu punya banderol harga sebesar Euro 197,1 juta atau sekitar Rp 3,1 triliun.

Sementara itu, di posisi keempat dan kelima, ada pemain Manchester City Raheem Sterling dan Mohamed Salah, yang sama-sama sedang on-fire di Premier League. Masing-masing dihargai sebesar Euro 185,8 juta dan Euro 184,3 juta.

Dan jika Anda bertanya-tanya di mana posisi striker haus gol Barcelona Lionel Messi, penyerang asal Argentina itu berada di posisi ketujuh (Euro 171,2 juta), satu peringkat di bawah pesepak bola Argentina lainnya, Paulo Dybala, yang nangkring di posisi enam (Euro 171,9 juta).

Pada posisi 18, 19 dan 20, ada pemain AS Monaco Eden Hazard (Euro 129 juta) yang memutuskan pindah dari Chelsea baru-baru ini. Di posisi kesembilan belas ada rival abadi Messi, Cristiano Ronaldo yang saat ini tercatat sebagai top skorer Serie A dengan 14 gol.

Dari 27 pemain yang masuk dalam daftar studi tersebut, semuanya diperkirakan punya banderol harga di atas Euro 100 juta , 16 di antaranya adalah pesepak bola yang merumput di Premier League Inggris, lima dari LaLiga Santanter Spanyol, tiga di Serie A, dua lainnya di League 1 Prancis dan satu dari Bundesliga Jerman.(ruf/fin/wsa)

Rekomendasi Berita