oleh

Kwartir Ranting Pramuka Tuah Negeri Adakan Muspanitera I

LINGGAU POS ONLINE, TUAH NEGERI – 23-23 Maret 2018 Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Tuah Negeri, Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas menggelar Musyawarah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Putri Putra (Muspanitera) I. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor UPT Pendidikan Kecamatan Tuah Negeri.

Acara yang berlangsung lancar dan sukses tersebut, dihadiri unsur Mabiran (Majelis Pembimbing Ranting) yakni Camat Tuah Negeri, Badaruddin Kapolsek Muara Kelingi, AKP Hendri.

Kepada Linggau Pos, Ketua Kwartir Ranting Tuah Negeri Johan Wahyudi,S.Pd menjelaskan kegiatan Muspanitera I ini pertama kali dilaksanakan oleh Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Tuah Negeri.

“Dan dalam musyawarah ini telah dibentuk Dewan Kerja Ranting (DKR) Tuah Negeri yang terdiri dari siswa-siswi peserta Muspanitera I yang telah berhasil melalui beberapa proses seleksi,” jelasnya.

Lanjut Johan, Muspanitera ini diikuti oleh penegak dan pandega Pramuka putri dan putra yang merupakan utusan dari SMA, SMK, dan Mahasiswa yang aktif digerakkan Pramuka.

“Dimana mereka yang terdiri dari 15 orang siswa dan 2 orang mahasiswa ini telah melewati berbagai seleksi. Yang diawali seleksi di sekolah hingga seleksi yang dilakukan oleh tim seleksi sebelum mengikuti Muspanitera I. Dan Muspanitera ini juga merupakan pendidikan berorganisasi bagi adik-adik penegak dan pandega yang dilalui dengan sidang-sidang pleno dan sidang komisi untuk menyusun program dan memilih ketua DKR,” paparnya.

Johan juga mengatakan selain menumbuhkan semangat berorganisasi kegiatan ini juga untuk meningkatkan semangat pemuda dan pemudi Kecamatan tuah Negeri dalam kegiatan Kepramukaan.

Hasil dari musyawarah tersebut, telah terpilih dan Dewan Kerja Ranting (DKR) yang langsung dilantik ketua Kwartir Ranting Pramuka Tuah Negeri Johan Wahyudi. Mereka adalah sebagai ketua Abdul Malik dari SMAN Simpang Semambang, wakil Ketua Rani Purnama Sari dari SMK PGRI Air Beliti, Joko Cahyo Utomo sebagai Sekretaris I, Melvi Septria (Sekretaris II) dan Gala Gita Putri Kartini (Bendahara) beserta seluruh anggota dan ketua seksi bidang DKR.

Johan juga menyatakan para peserta Musyawarah ini telah memenuhi persyaratan seleksi diantaranya aktif dalam mengikuti kegiatan Pramuka, aktif dalam organisasi dan berkarakter baik. 17 Peserta ini adalah peserta terbaik dari sekolah dan perguruan tinggi, diantaranya SMAN Simpang Semambang, SMK PGRI Air Beliti dan STAI Al Azhar.

“Semoga seperti tema yang kita usung pada kegiatan ini, yakni ‘Menanamkan Jiwa Pramuka Sebagai Pembentuk Pribadi Bangsa’, semua peserta dapat berkarakter baik dan dapat menularkannya kepada semua generasi pemuda di Kecamatan Tuah Negeri dan sekitarnya,” harapnya.(AE02)

Rekomendasi Berita