oleh

Kurang Guru Olahraga

LINGGAU POS ONLINE – Tahun Ajaran 2019/2020, Kota Lubuklinggau masih kekurangan guru olahraga. Terutama yang berstatus PNS.

Hal ini diungkapkan Zulkasri selaku Pengawas Olahraga SMP kepada Linggau Pos, Senin (12/8).

“Tahun 2019 ini, di Kota Lubuklinggau hanya ada 14 guru olahraga SMP. Namun, ada satu yang bakal pensiun tahun ini. Sementara ASN baru yang diangkat 2018 hanya empat orang,” tutur Zulkasri.

Idealnya setiap SMP kata dia, ada minimal tiga guru olahraga. Untuk menutupi kekurangan itu, dibantu Guru Tidak Tetap (GTT) yang diangkat kepala sekolah.

“Tapi tahulah kita, gaji GTT berapa. Ada yang masih Rp250 ribu sampai Rp400 ribu per bulan. Kadang diberikannya per triwulan. Jadi kesejahteraan mereka itu yang dipikirkan,” terang Zulkasri.

Ia berharap, tahun 2019 ini makin banyak formasi penerimaan CPNS guru olahraga khusus SMP. Sebab, kata dia saat ini banyak alumni S1 Pendidikan Olahraga. Namun sedikit peluang mereka untuk jadi CPNS.

“Kalau SD banyak penerimaan CPNS tahun lalu, sampai 30-an. Sementara SMP ini yang kekurangan. Kami berharap formasi guru olahraga SMP ditambah,” imbuhnya.(lik)

Rekomendasi Berita