oleh

Kurang Dukungan, Tiga Balonbup Dihukum

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Tiga bakal pasangan bakal calon bupati (Balonbup) dan wakil bupati dari jalur perseorangan atau independen Pemilukada Lahat menerima hukuman.

Apa pasalnya? Diduga ada dukungan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Hukuman yang diberikan berupa harus menambah jumlah dukungan dua kali lipat dari kekurangan.

Hal ini terungkap pada rapat pleno terbuka rekapitulasi dukungan bakal Paslon perseorangan di Kantor KPU Lahat berakhir Jumat (29/12) petang.

Hasil rekapitulasi tingkat kabupaten terhadap rekapitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dari hasil verifikasi faktual Panitia Pemungutan Suara (PPS), dukungan bagi Paslon Purnawarman Kias-Rozi Ardiansyah yang Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 22.130 dukungan, kurang 2.779, maka untuk memenuhi persyaratan minimal 24.909, harus menyerahkan dukungan dua kali lipat dari kekurangan pada masa perbaikan yakni sebanyak 5.558 fotokopi e-KTP.

Untuk pasangan Hapit Padli-Erlansyah Rumsyah, dukungan memenuhi syarat sebanyak 12.745, kurang 12.164, dan harus menyampaikan 24.328. Paslon Dodok Arman-Sutrisno, dukungan memenuhi syarat sebanyak 5.394, kekurangan 19.515, dan harus melengkapi kekurangan sebanyak 39.030 dukungan.

Ketua KPU Lahat, Syamsurizal Nusir mengemukakan kekurangan dukungan itu harus disampaikan pada masa perbaikan saat pendaftaran.

“Dan pendaftaran bupati dan wakil bupati Pemilukada Lahat dijadwalkan tanggal 8 Januari hingga 10 Januari 2018,” katanya. (02)

Komentar

Rekomendasi Berita